Implementasi Model Direct Interaction dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PAI

  • Abd Haris Universitas Islam Madura
  • Agus Budiyono Universitas Islam Madura
Keywords: Metode diskusi, Direct Interaction, Hasil Belajar, Mahasiswa PAI

Abstract

Implementasi metode diskusi dalam pembelajaran interaksi langsung dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini membahas tentang ketuntasan hasil belajar mahasiswa serta seberapa besar peningkatan hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan sampel satu kelas mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Madura pada tingkat kedua. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan intrumen tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda serta menggunakan pedoman observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya metode diskusi dalam pembelajaran DI dapat menuntaskan hasil belajar mahasiswa, yaitu sebesar 87% mahasiswa sudah mampu menunjukkan hasil belajar yang baik. Disisi lain hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan, adapun besar peningkatan belajar ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,67 atau peningkatan hasil belajar mahasiswa berada pada kategori sedang. Pembelajaran menggunakan metode diskusi ini sangat ampuh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan diskusi baik secara diskusi kelompok mapun diskusi kelas.

References

Afifah. 2017. Efektivitas penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas Xi pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Manongkoki Kab. Takalar. Skripsi. UIN Alauddin Makassar.
Amaliyah, R E., Fadhil A., Narulita, S. 2014. Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an 10 (2), 119-131.
Aminah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas IX-A Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil (Buzz Group Discussion)
Di SMP Negeri 10 Mataram. GaneÇ Swara 11(1), 63-68.
Anderson W.L. & Krathwohl R. D. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. USA: Addison Wesley Longman.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: PT Intermasa.
Freitas, M., Correa, M., & Freitas, S. 2018. Science, Religion and Amazonia: Education for Sustainability. International Journal Of Environmental & Science Education 13 (3), 275-293.
Hake, R.R. (1998).Analyzing Change/Gain Scores. Indiana: Indiana University
Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hani, Umu. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI Melalui Teknik Diskusi Di Kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Patumbak. Journal of Education and Teaching Learning 1 (1), 114-120.
Hidayat, Wahyu Nor. 2017. Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi Di SMA Negeri 1 Trimurjo Kabupaten Lampungtengah Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Lampung.
Ilyas, M., Sa’dijah, C., & Mustafida, F. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas Viii Di Smp Annur Bululawang Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 4(5), 27-31.
Irwan, Hasbi & Rosdiana. 2018. Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education 1 (1),.43-54
Kemmis, S & R. Mc Taggart. 1988. The Action Research Planer. Victoria: Deakin University
Muttaqin, M H., Yamtinah, Sri & Utomo, S.B. 2018. Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) disertai diskusi dan media hyperchem untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada materi ikatan kimia kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia 7 (1), 62-28.
Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Bandung: Sinar Baru Bandung.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2020-06-30
Section
Articles