PSIKOMANAJERIAL PERSONALIA PENDIDIKAN; MENGKONSTRUKSI PRODUKTIFITAS KERJA PERSPREKTIF IDENTIFIKASI KEMATANGAN PERSONAL

  • Hilmi Qosim Mubah IAIN Madura
Keywords: psikomanajerial, konstruk, produktifitas, kematangan

Abstract

Manajemen pendidikan Islam dalam kaitannya dengan psikologi, mencoba untuk memandang mengatur manusia bukan hanya dari satu sisi fisik saja, namun juga dipandang perlu untuk mengetahui sisi psikis bawahan. Melalui kepribadian seseorang, pemimpin akan mampu memetakan keputusan yang harus diberikan. Hal yang dapat dilakukan oleh pemimpin adalah dengan melihat, mengamati, mengidentifikasi serta mengelompokkan kematangan seseorang. Kematangan perlu diketahui dalam rangka mengefektifkan serta menciptakan efisiensi dan efektifitas kerja untuk menghemat waktu dan mempercepat kerja. Dalam berkomunikasi, berhubungan serta memberikan tugas kepada pendidik dan tenaga kependidikan tidak selamanya bisa dengan mudah menggunakan kekuasaan, adakalanya harus dengan memahami kematangan orang yang kita hadapi agar mereka tidak terjebak dalam statisme karena salah pendekatan. Kematangan bawahan dapat diklasifikasikan ke dalam 4 bagian dengan pendekatan berbeda, yaitu rendah pendekatan telling, menengah bawah dengan selling, menengah atas pendekatan participating, serta tinggi pendekatan delegating. Ciri orang dengan kematangan rendah adalah tidak mampu dan tidak mau, menegah bawah adalah tidak mampu tapi mau, menengah atas cirinya mampu namun tidak mau, dan tinggi bisa dilihat dari kemampuan yang baik serta kemauan yang kuat. Diharapkan dengan pengetahuan ini pemimpin bisa membangun produktifitas kerja pendidik dan tenaga pendidikan di sekolah.

References

Ali Nurhadi. Profesi Keguruan. Februari 2. Kuningan: Goresan Pena, 2017.
Ali Nurhadi, dan Fitrotun Niswah. “Penerapan Komunikasi Interpersonal Tenaga Pendidik dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa di MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Larangan Pamekasan.” Al Fikrah 2 No. 1 (2109): 1–20. https://jurnal.alhamidiyah.ac.id/index.php/al-fikrah/article/view/41.
———. “Penerapan Komunikasi Interpersonal Tenaga Pendidik dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa di MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Larangan Pamekasan.” Al Fikrah 2 No. 1 (2109): 1–20.
Alwisol. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press, 2007.
Al-Qur’an Digital. Al-Kalam Digital Versi 1.0. Bandung: Penerbit Diponegoro.2009.
Amin, Maswardi Muhammad, dan Yuliananningsih. Manajemen Mutu; Aplikasi dalam Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.
Arifin, Zainal. Tafsir Ayat-Ayat Manajemen; Hikmah Idariyah dalam Al-Qur’an. Diedit oleh Imam Machali. Yogyakarta: Prodi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga, 2019.
Asmani, Jamal Ma'ruf. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Diva Press, 2009.
Athoillah, Anton. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2010.
Baharuddin, dan Moh. Makin. Manajemen Pendidikan Islam; Transformasi Menuju Sekolah atau Madrasah Unggul. Malang: UMM Press, 2018.
Baihaqi, M.I.F. Psikologi Pertumbuhan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Crain, William. Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Desmita,.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Endin Nasrudin. Psikologi Manajemen. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2010.
Goble, F. G. Madzhab Ketiga: Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius, 1987.
Ghufron, M.N, dan Risnawati S.R. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Handoko, T. Hani. Manajemen. Oktober 20. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2009.
Hariri, Hasan, Ridwan, dan Dedi H. Karwan. Evolusi Pendekatan Teori Kepemimpinan menuju Kepemimpinan Efektif. Yogyakarta: Expert, 2017.
Kartono, dan Kartini. Teori Kepribadian. Bandung: Alumni, 1980.
Kertahadi. Kepemimpinan Dalam Orgnisasi, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.
Mahmud, Psikologi Pendidikan. Bandung : CV. Pustaka Setia, 2010.
Mustari, Mohammad. Manajemen Pendidikan. Depok : PT. Raja Grafindo Persada, 2014.
Mutohar, Prim Masrokan. Manajemen Mutu Sekolah; Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Saefullah. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2014.
Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras, 2009.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.
Syamsudin, Abini Makmun. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2004.
Monks. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University, 1999.
Rivai , Veithzal. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Depok: Raja grafindo persada, 2014.
Salkind, Neil J.. An Introduction to Theories of Human Development. London: Thousand Oaks, 2004.
Santrock, J. W. Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup Edisi Ketigabelas Jilid I, Jakarta: Erlangga, 2012.
Siswanto, dan Wardhatul khomairah. “Kinerja Kepemimpinan Perempuan Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di SMK Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan.” re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 2, no. 1 (2019): 202–12.
Soemanto, dan Wasty. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Suryabrata, dan Sumardi. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Team FME. Leadership Theories; Leadership Skills. www.free-management-ebooks.com.
Published
2019-12-31
Section
Articles