APLIKASI KAIDAH "AL-'IBRAH BI AL-JUMHUR" DALAM KRITIK SANAD: STUDI KASUS PERIWAYATAN HADIS DHA'IF DALAM MASALAH FADHA'IL AL-A'MAL
Keywords:
hadis dha’if, Fazail-e-Amaal, al-'ibrah bi al-jumhurAbstract
Dilatarbelakangi oleh kontroversi penggunaan hadis dha'if (lemah) dalam fadha'il al-a'mal (keutamaan amal) yang menjadi praktik umum dalam tradisi keilmuan Islam, khususnya dalam karya-karya populer seperti Fazail-e-Amaal. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif-analitis terhadap literatur primer dan sekunder mengenai kaidah "al-'ibrah bi al-jumhur" yang menekankan pada pendapat mayoritas ulama. Analisis menunjukkan bahwa mayoritas ulama (jumhur) memperbolehkan penggunaan hadis dha'if dalam konteks fadha'il al-a'mal dengan beberapa syarat ketat, meskipun pendapat minoritas menolaknya secara mutlak. Penerapan kaidah ini memberikan kelonggaran yang bermakna dalam penyebaran motivasi spiritual tanpa mengorbankan prinsip-prinsip dasar dalam hukum Islam. Temuan penelitian ini mendukung pendekatan kontekstual dan moderat dalam studi hadis.
Downloads
References
al-Baghdadi, Al-Khatib. 1988. Al-Kif?yah fi 'Ilm al-Riw?yah. Beirut: D?r al-Kutub al-'Ilmiyyah.
al-Ghamidi, Sa'd. 2022. Al-Minhaj fi 'Ulum al-Hadith. Dubai: Markaz al-Buhuth al-Islamiyyah.
al-Ghazali. 2005. Al-Mustashfa min 'Ilm al-Ushul. Kairo: Dar al-Hadits.
al-Hanbali, Ibn Rajab. 2002. Syarh 'Ilal al-Tirmidzi. Riyadh: Maktabah al-Ma'arif.
al-Kandahlawi, Zakariyya. 1996. Fada'il al-A'mal. Karachi: Kutub Khana Ishayat al-'Ulum.
Al-Khalili, Muhammad. 2021. Dirasat fi Manhaj Naqd al-Matn. Amman: Dar al-Nur.
al-Khatib, Muhammad 'Ajjaj. 1989. Ush?l al-Had?ts: 'Ul?muh? wa Musthalahuh?. Beirut: D?r al-Fikr.
Al-Madkhali, Rabi'. 2020. Manhaj al-Muhaddithin fi Naqd al-Hadith. Madinah: Maktabah al-Ghuraba.
Metcalf, Barbara D. 1982. Islamic Revival in British India: Deoband, 1860-1900. Princeton: Princeton University Press.
Al-Mu'allimi, Abdullah. 2020. Al-Tankil bi Ma fi Ta'n al-Khatib min al-Abatil. Riyadh: Dar Taybah.
Al-Nawawi. 1986. Al-Taqr?b wa al-Tays?r. Damaskus: Dar al-Kalam.
Al-Qahtani, Sa'id. 2021. Al-Madkhal ila Dirasat al-Hadith. Dammam: Dar Ibn al-Jawzi.
al-Qaradawi, Yusuf. 2001. Kaifa Nata'amal ma'a al-Sunnah al-Nabawiyyah. Kairo: Dar al-Syuruq.
al-Qari, Mulla 'Ali. 1986. Al-Asrar al-Marfu'ah fi al-Akhbar al-Maudhu'ah. Beirut: Al-Maktab al-Islami.
al-Salah, Ibn. 1986. Muqaddimah Ibn al-Salah. Beirut: D?r al-Ma'rifah.al-Salam, Al-'Izz ibn 'Abd. 1991. Qawa'id al-Ahkam fi Masalih al-Anam. Kairo: Dar al-Salam.
al-San'ani, Muhammad ibn 'Ali. 1995. Tawdhih al-Afkar. Medina: Maktabah al-'Ulum wa al-Hikam.
Al-Syarif, Hamzah. 2021. Al-Wasit fi 'Ulum al-Hadith. Kairo: Dar al-Salam.
Al-Syatibi. 2003. Al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari'ah. Beirut: Dar al-Ma'rifah.
Al-Suyuti. 2001. Tadr?b al-R?w?. Riyadh: Dar al-Tayyibah.
Al-Thayyar, Musaid. 2022. Al-Mulakhkhash fi 'Ulum al-Hadith. Kuwait: Dar al-Nafais.
Al-Zarkasyi. 1998. Al-Nukat 'ala Muqaddimah Ibn al-Salah. Riyadh: Dar al-Mughni.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

