METODE PEMBINAAN DAN MANAJEMEN TAHFIDZ AL-QUR’AN AL-HAMIDY BANYUANYAR DAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA IKATAN QARI’ DAN DA’I (UKM IQDA) IAIN MADURA

  • Moh Wardi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep
  • Ismail Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan
Keywords: Pembinaan, Manajemen, Tahfidz Al-qur'an

Abstract

Metode pembinaan di lembaga Tahfidz Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar menggunakan metode Musyafaqah talaqqi (menghafal pada pembina secara berhadap-hadapan). Manajemen lembaga tahfidz al-qur’an di pondok pesantren al-Hamidy Banyuanyar secara hirarki berada di bawah naungan Yayasan Al-Hamidy Banyuanyar. Adapun perencanaan (planning) meliputi rekrutmen peserta didik, pengorganisasian (organizing) dengan membagi kelas peserta didik sesuai dengan kemampuan peserta, pergerakan (actuating) dilaksanakan setelah shalat subuh dengan batas minimal 1 lembar disertai dengan absensi setoran dan pengawasan (controling) mengulang apa yang telah disetorkan  (muraja’ah) setelah shalat dhuhur dan setelah shalat ashar, masing-masing dengan alokasi waktu 1 (satu) jam. Metode pembinaan Tahfidz Al-Qur’an di UKM IQDA IAIN Madura, pola yang digunakan adalah Takrir, Sam’iyan, Ikhtibar yang dilakukan setiap dua minggu sekali. Sementara manajemen lembaga tahfidz di UKM IQDA IAIN Madura, ketua UKM IQDA menjadi leader dibawah koordinasi Wakil Rektor III dan bersifat intruksional dengan Rektor IAIN Madura sebagai penanggung-jawab.

References

Abrori, Moh. Ponpes Al-Hamidy Banyuanyar
Al-Ghafiqi, Fudaili. UKM IQDA IAIN Madura
Anwar, Rosihon. Ulum Al-Qur’an, (Bandung: Pustaka Setia, 2012)
Atha, Abdul Qadir. Menghapus Dosa dan Pahala Amal Saleh, Terj. T. Sulaiman, (Jakarta: Lentera, 2001)
Awaliyah, Nur. UKM IQDA IAIN Madura
Badruzaman, Dudi. "Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda II Kabupaten Ciamis." KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin 9.2 (2019): 184-193.
Chotimah, Chusnul, Achmad Rifai Rc, and Titi Prihatin. "The management of the tahfidz Al Qur’an education program in children tahfidh Yanbu’ul Qur’an Islamic Boarding School Kudus." Educational Management 7.1 (2018): 39-45.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahnya (Bandung: CV Penerbit Jumanatul Ali-Art, 2004)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1996)
Dokumentasi, daftar anggota Tahfidz Al-Qur’an Al-Hamidy Banyuanyar di Kantor Ponpes Al-Hamidy Banyuanyar.
Dokumentasi, daftar anggota Tahfidz Al-Qur’an di Kantor UKM IQDA IAIN Madura.
Fatmawati, Eva. "Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an." Jurnal Isema: Islamic Educational Management 4.1 (2019): 25-38.
Hasbullah, Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2006)
Hidayah, Aida. "Metode tahfidz al-Qur’an untuk anak usia dini (kajian atas Buku rahasia sukses 3 hafizh Quran Cilik Mengguncang dunia)." Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis 18.1 (2018): 51-70.
Huda, Nurul. Melawan Lupa: Paradok, Tragedi, Ironi, (Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003)
Imam Suprayogo dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial Agama, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001)
Jamaluddin, Syakir. Shalat Sesuai Tuntunan Nabi SAW, Mengupas Kontroversi Hadis Sekitar Shalat, (Yogyakarta: LPPI UMY, 2012)
Kartika, Tika. "Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi." Jurnal Isema: Islamic Educational Management 4.2 (2019): 245-256.
Malahayati dan Anita Hairunnisa, Ibu Cerdas, Anak Pintar Panduan Belajar Sambil Bermain, (Depok: Rumah Ide, 2009)
Martin, Richard C. “Islam and Religious Studies an Introducory Essay” dalam Approaches to Islam in Religious Studies, Rechard C. Martin (ed.) (The Uneversity of Arizona Press, 1985)
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006)
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional “Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK”, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)
Nafi'ah, Rochmatun. Efektivitas program tahfidz al-Qur'an dalam memperkuat karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lasem. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Shobirin, Muhammad. "Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami." QUALITY 6.1 (2018): 16-30.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003)
Sobur, Alex. Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah, (Bandung: Pustaka Setia, 2003)
Soejipto dan Raflis, Profesi Keguruan. (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)
Sukardi, Dewa ketut. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling. (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Syahid, Akhmad, and Ajeng Wahyuni. "Tren program tahfidz Al-Qur’an sebagai metode pendidikan anak." Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5.1 (2019): 87-96.
Syahid, Akhmad, and Ajeng Wahyuni. "Tren program tahfidz Al-Qur’an sebagai metode pendidikan anak." Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5.1 (2019): 87-96.
Syarifuddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pres, 2005)
Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran; Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011)
Uno, Hamzah B. Perencanaan pembelajaran, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011)
Usman, Husaini. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Bumi Aksara: Jakarta, 2006)
Uyun, Qurratul. UKM IQDA IAIN Madura
Published
2021-12-31
Section
Articles