Pengunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an

  • Junaidin Nobisa Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Usman Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Pembelajaran, Metode Ummi, dan Al-Qur’an

Abstract

Metode Ummi merupakan metode membaca Al-Qur’an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Dalam pengajarannya, metode Ummi memiliki perbedaan jilid untuk anak-anak dan untuk orang dewasa. Untuk anak-anak, metode Ummi mengajarkan dengan 6 jilid sedangkan untuk orang dewasa diajarkan dengan menggunakan 3 jilid dan langsung diteruskan dengan Al-Qur’an.Tujuan tujuan yaitu 1. Mendeskripsikan pelaksanaan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an, (2) mengetahui pengaruh metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi sudah sistematis dan sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang ditetapkan. Metode penyampaian yang digunakan adalah metode Klasikal Baca Simak, metode penyampaian ini mempunyai kelebihan dalam penyampaian materi. Kelebihan tersebut terletak pada realisasi untuk mewujudkan peningkatan kemampuan siswa dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. (2) Pengaruh metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah bahwa dalam proses pembelajaran metode sangat berpengaruh dalam keberhasilan atau tidaknya suatu pendidikan. Oleh karena itu, maka pengunaan metode yang tepat sangatlah penting. Setelah diterapkan kepada siswa bahwa, siswa mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid yang benar (tartil), siswa merasa senang dan semangat dalam belajar Al-Qur’an, siswa mampu membaca bacaan dengung dan jelas, bacaan panjang dan pendek, serta mampu membedakan lafadz Allah (tafkhim dan tarqiq), siswa mampu mengoreksi kesalahannya sendiri dan menghafal juz 30 juz 29 bahkan lebih dari 2 juz.

References

Abdullah Asy’ari BA, Pelajaran Tajwid, (Surabaya: Apollo Lestari, 1987)
Abdul Majid Khon, Praktikum Qira‟at :Keanehan Bacaan Alquran Qira‟at Ashim dari Hafash, (Jakarta: Amzah, 2011)
Abdul Halim, Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)
Ahmad Syarifudin, Mendidik Anak Mambaca, Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. (Jakarta: Gema Insani Press)
Afdal, “Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQur’an Siswa Kelas III B Ibnu Khaldun SD Al-Firdaus Islamic SchoolSamarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016” Vol. 1 (1). 1-9. Juni 2016, dalam http://www.academia.edu, diakses, 22 Maret 2020
Anika Erlina Arindawati, dan Hasbullah Huda, Beberapa Alternatif Pembelajaran di Sekolah Dasar,( Malang: Banyu Publishing , 2004)
Arikunto, Prosedur Penelitian. (Jakarta: Kalam Mulia,2006)
Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan,(Jakarta : Raja Grafiti Persada, 2012)
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2012)
Bukhari Umar, Hadis Tarbawi: Pendidikan dalam Perspektif Hadis, (jakarta: Amzah, 2012)
Burhaan Bungin, Metode Penelitian Kuantitatif, (Surabaya: Permada Media, 2004)
Faisol, Cara Mudah Ilmu Tajwid, (Malang: UIN Maliki Press, 2010)
Farida Rahim, Pengajaran Membaca
Farida Rahim, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Henry Guntur Tarigan, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa,(Angkasa Bandung: Bandung, 2008)
Indah Komsiyah, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Teras, 2012)
Muhaimin dan Mudjib, Abdul, Pemikiran Pendidikan Islam; Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya (Bandung: Triganda Karya, 1993)
Moh. Arif, Konsep Dasar Pembelajaran SAINS di Sekolah Dasar/MI, (Tulungagung: IAIN Tulungagung Press, 2014)
Muhibbin Syah, Psikologo Pendidikan dengan Pendekatan Baru. (Bandung: Rosda Karya, 2005)
Mushaf Utsmani, Al-Qur’an dan Terjemah, (Jawa Tengah: Media Islami, 1971)
M. Quarish Shihab, “Tafsir Al-Misbah”, Pesan, Kesan dan Keserasian AL-Quran, (Jakarta: LenteraHati,2011), Cet. IV, Jilid 6
Nasirudin, Cerdas Ala Rasulullah: Metode Rasulullah Mencetak Anak Ber-IQ Tinggi, (Jogyakarta: A+Plus Book, 2009)
Nuraini, “Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur‟an di SDIQU AlBahjah 03 Karangrejo Tulungagung”. , (Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2017)
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia,2006)
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2002).
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, cet. ke- 12 (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Sudirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003)
Sumanto, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, (Yogyakarta : Andi Offset, 1995)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: CV ALFABETA, 2002)
Tohirin, Psikologi Pembelajaran
Ummi Foundation. Modul Sertifikasi Guru al-Qur’an Metode Ummi, (Surabaya: Ummi Foundation, 2015)
Ummi foundation. http://ummifoundation.org/ diakses 21 Desember 2019 19.45 wita
Ummi foundation. http://ummifoundation.org/ diakses 22 Desember 2019 pukul 19.40 wita
WJS. Poerwodarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1984)
Zakiah Drajad, Metode Khusus Pengajuan Agama Islam. (Jakarta: Bumu Aksara, 2008
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009)
Zaini Syahminan, Wawasan Al-Qur‟an tentang Pembangunan Manusia Seutuhnya, (Jakarta: Kalam Mulia, 1986)
Zuhairini dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama. (Surabaya: Usaha Nasional, 1993
Published
2021-06-30
Section
Articles