Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Power Point dan Filmora Melalui in House Training

  • Heru Aliwardhana UPTD SMP Negeri 1 Socah
Keywords: video pembelajaran, keterampilan guru, in house training

Abstract

keterampilan guru membuat Video Pembelajaran berbasis PowerPoint dan Filmora melalui In House Training di UPTD SMP Negeri 1 socah. Penelitian ini menggunakan pendekatan scaffolding dan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan alur rencana, tindakan, pengamatan dan evaluasi, refleksi. Penelitian ini menggunakan  informan yang terdiri dari guru. In House Training ini menggunakan model ADDIE terdiri dari tahap analisis, merancang, mengembangkan, implementasi dan evaluasi program pelatihan. Hasil penelitian menunjukan. Pertama, rata-rata pre-test yang diperoleh keterampilan guru dalam membuat Video Pembelajaran berbasis PowerPoint dan Filmora sebelum melaksanakan In House Training adalah 47,7% kategorinya kurang. Kedua, setelah diadakan pendekatan Scaffolding peningkatan yang diperoleh adalah keterampilan guru membuat Video Pembelajaran berbasis PowerPoint dan Filmora melalui In House Training pada siklus I masih ada 14 guru yang belum mencapai target dan masuk kriteria kurang baik, sehingga perlu diberikan tindakan kembali pada siklus II, setelah siklus II dilaksanakan indikator keterampilan guru membuat Video Pembelajaran berbasis PowerPoint dan Filmora mencapai target. Ketiga, rata-rata post test yang diperoleh 76,6 % kategorinya sangat baik. Artinya kemampuan secara materi dapat diukur dan ada peningkatan sebesar 28,9%.

References

Dharmawan, K, dkk. 2016. Model Pembinaan In House Training Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal udayana mengabdi. Volume 15 no 2 mei 2016, http://ojs.unud.ac.id. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2016.
Fathurrohman, Pupuh dan Suryana, Ana. (2012). Guru Profesional. Bandung : PT. Refika Aditama.

Heyer, John. 1980. In-House Training for On-Line Searching at a Special Library. Jurnal Online Review, https://eric.ed.gov. Diakses pada tanggal 12 september 2016.

Kasmad. 2015. Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Kegiatan In House Training Bagi Guru Kelas 1 SD. Jurnal Konseling Gusjigang. Vol. 1, No. 2 Tahun 2015, http:// jurnal.umk.ac.id. Diakses pada tanggal 11 September 2016.

Priyanti, Eni. (2013) Manajemen In House Training Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Menyusun Kisi-Kisi Tes di SD Widya Wiyata Sidoarjo. (Tesis).
Sujoko, Alfaris. 2012. Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Penabur, http//:www.jurnalpendidikan penabur. Diakses pada tanggal 25 oktober 2016.
Published
2021-06-30
Section
Articles