RENCANA STRATEGI DIKLAT PENGEMBANGAN SDM DALAM PENGEMBANGAN ORGANISASI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v5i1.107Keywords:
rencana strategi, diklat, SDM, dan organisasi pendidikan Islam.Abstract
Peningkatan kualitas SDM bisa ditempuh melalui diklat dengan rencana dan strategi yang tepat. Pengembangan organisasi pendidikan Islam ditentukan oleh SDM yang berkualitas, berkompeten, berdaya saing, kreatif dan inovatif. SDM yang dimaksud adalah pelaku pendidikan (kepala sekolah, guru, dan orang tua) . SDM merupakan faktor penentu terhadap pengembangan dan keberhasilan sebuah organisasi pendidikan Islam. Melalui studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini memfokuskan pada konsep renstra diklat, unsur-unsur renstra dan pentingnya program diklat dalam pengembangan SDM, proses renstra dan posisi kegiatan diklat serta strategi pengembangan organisasi dalam institusi pendidikan Islam, dan rencana strategi diklat pengembangan SDM dalam organisasi pendidikan Islam di era digital pada masa pandemi. Hasil penelitian yang didapat bahwa di era digital ini diperlukan SDM yang mumpuni dalam menguasai literasi baru seperti: literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang semua itu bisa diraih melalui diklat dengan renstra yang mantap agar output SDM yang dihasilkan mampu menyelaraskan dengan perkembangan zaman di era digital.
Downloads
References
Aoun, Joseph. Robot-Proof : Higher Education in the Age of Artificial Intelligence. MIT Press, 2017. Retrieved (4 September 2001).
Arifin, Zainal dan Ali Nurhadi. “Pendekatan Metode Dan Teknik Diklat Bagi Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0.”. Al-Fikrah. Vol. 2. No. 2. (Desember 2019).
Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Badrudin. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2013.
Fathurrohman, M. S. Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam: Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik (Praktik dan Teoritik). Yogyakarta: Teras, 2012.
Handoko, Hani T. 2009. Manajemen, Edisi 2, Cetakan Ke-20. Yogyakarta: BPFE.
Harsono. Sistem Administrasi Kepegawaian. Bandung: Fokusmedia, 2011.
Hasibuan, Malayu P. Manajeman Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta:Bumi Aksara, 2000.
Hasibuan, Malayu P. Manajemen (Dasar, Pengertian dan Masalah). Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Irawan, Prasetya. Pengembangan SDM. Jakarta : STIA LAN Press, 2003.
John, M. Bryson. Perencanaan Strategis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Kamil, Mustofa. Model Pendidikan dan Pelatihan; Konsep dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta, 2010.
Kasali, Rhenald. Disruption “Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum DihadapiMotivasi Saja Tidak Cukup” Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban Uber. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2011.
Marzuki, M. Saleh. Strategi dan Model Pelatihan. Malang: IKIP Malang, 1992.
Mundar, A.S. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Rangka Pembangunan Nasional. Jakarta: Djaya Pirusa.
Nitisemito, S. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Balai Pustaka, 1997.
Nurhadi, Ali. “Perubahan Organisasi Bagi Pengelola Madrasah Dalam Menghadapi Persaingan Global”. Al- Fikrah. Vol. 1. No. 1. (Juni 2018).
Qomar, M. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga, 2007.
Sondang, P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cet. XIX; Jakarta: 2011.
Sunyoto, Danang. Burhanudin. Teori Perilaku Keorganisasian Dilengkapi: Intervensi Pengembangan Organisasi. Yogyakarta: Cempaka Putih, 2015.
Sulaksana, uyung. Manajemen Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.