Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19

  • Hamidi STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
Keywords: Strategi, Lembaga Pendidikan Islam, New Normal

Abstract

Pandemi covid-19, yang sedang melanda negara di dunia termasuk Indonesia saat ini, mengakibatkan interaksi pembelajaran tatap muka (elearnig) di dalam kelas antara pendidik dan peserta didik tidak mungkin dapat dilaksanakan. Oleh karena itu lembaga pendidikan Islam perlu mengatur strategi pembelajaran menjelang era new normal. Pembelajaran digital (blended learning) menjadi alternatif yang penting untuk mengganti tatap muka di dalam kelas. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi era new normal pasca pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif akademis. Yaitu suatu metode yang mencoba menemukan pokok permasalahan dan penjabarannya di dasarkan pada rujukan yang berasal dari pendapat para ahli pendidikan dan dapat dipertanggungjawabkan keahliannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning merupakan solusi yang tepat bagi lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi era new normal pasca pandemi covid-19. Dalam blended learning terdapat 4 (empat) ruang belajar diantaranya dalah: (1) live synchronous, (2) virtual synchronous, (3) sel-paced asynchronous, (4) collaborative asynchronous

 

References

Hakim Abdul Aziz, (2020), Integrasi Keilmuan dalam Menghadapi New Normal pada Masa Pandemi Covid-19, Tulungagung: Akademia Pustaka.

M. Qomar, (2018), Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Surabaya: Erlangga.

Muallim, Muh. hambali, (2020), ManajemenPendidikan Islam Kontemporer, Yogyakarta: IRCiSoD.

Nata Abuddin, (2009), Persepektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Wijoyo Hadion, dkk, (2020), Blended Learning Suatu Panduan, Sumatra Barat: Cv. Insan Cendekia Mandiri.

Jalinus Nizwardi, dkk, (2020), Flipped blended learning, Jawa Tengah: Cv. Sarnu Untung.

Ratna Sari Annisa, (2014), Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XII, No. 1.

Suherman, Ahmad Suryani Naomi, (2017), Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. IV, No. 1.

Albertus Adit, https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/09/180742171/5-langkah-susun-strategi-pendidikan-di-masa-depan-pasca-pandemi?page=all
Muslih, https://mpi.insud.ac.id/manajemen-perubahan-lembaga-pendidikan-islam-di-era-new-normal/
Published
2020-12-30
Section
Articles