PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA KARTU MISTERI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 1 DI SMAN 2 PUJUD

Authors

  • Dini Islami Universitas Riau
  • Bunari Universitas Riau
  • Yuliantoro Universitas Riau

Keywords:

Model Kooperatif, TGT, Kartu Misteri

Abstract

Seorang guru yang ingin anak siswanya kreatif maka dituntut terlebih dahulu untuk lebih  kreatif lagi, salah satunya menggunakan media ajar yang beragam agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan memicu minat belajar siswa. Kelancaran pembelajaran itu sangat bergantung pada kreatifitas dan kualitas tenaga pendidik atau guru itu sendiri. Namun dari segi proses pembelajaran, masih banyak ditemukan permasalahan belajar baik dari guru maupun dari siswa sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas guru, aktifitas belajar siswa, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu misteri dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 SMA N 2 Pujud. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode deskriptif yakni melakukan penelitian langsung terhadap siswa, yang berguna untuk mendapatkan gambaran yang konkret meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran kartu misteri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas X IPS 1 SMAN 2 Pujud. Hasil penelitian ini bahwa adanya peningkatkan aktifitas guru, persentase yang didapat sebesar 59,5% dengan kategori baik, dan peningkatkan aktifitas siswa kelas X IPS 1 SMAN 2 Pujud, pada observasi siklus I aktivitas siswa mendapatkan skor 87,5 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan skor pada siklus II sebesar 105,3 dengan kategori baik. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan skor aktivitas belajar siswa dari siklus I dan siklus II yaitu 17,8. Hasil belajar pada post-test siklus I rata-rata ketuntasan diperoleh yaitu 56% dan pada siklus II rata-rata ketuntasan post test adalah 94% Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan persentase dari siklus I dan siklus II yaitu 38%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, Rusyidi & Amiruddin. 2020. Inovasi Pendidikan: Melejitkan potensi teknologi dan inovasi pendidikan. Medan: CV Widya Puspita.

Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media

Hamid, Mustofa Abi. dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan; Yayasan Kita Menulis.

Madjid, M. Dien & Johan Wahyudhi. 2014. Ilmu Sejarah : Sebuah Pengantar. Jakarta; Prenada Media Group.

Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

08-12-2024

Issue

Section

Articles