IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP

Authors

  • Sherly Aulia
  • Dr. Marhamah, S.Pd., M.Ed Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v6i2.307

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pelajaran Bahasa Inggris

Abstract

ingkungan yang nyaman bagi orang tua, guru, dan siswa. Kebebasan belajar memerlukan lingkungan belajar yang menyenangkan, yang hanya dapat dicapai melalui pendidikan. Penerapan kurikulum mandiri yang berupaya meningkatkan taraf pendidikan merupakan salah satu kebijakannya. Agar proses pembelajaran berhasil dan bermakna bagi peserta didik, diharapkan pendidikan bersifat pro-student atau berpusat pada peserta didik, menjunjung tinggi individualitas dan keberagaman potensi, minat, dan bakat setiap peserta didik. Kurikulum merdeka sebuah kebijakan program pembelajaran untuk memulihkan sistem pendidikan nasional yang memberikan kebebasan kepada sekolah, guru, siswa, dan seluruh sumber daya sekolah untuk berkreasi dan bebas belajar secara mandiri dan kreatif. Saat mengajarkan pengajaran yang bervariasi, pendidik mempertimbangkan minat, preferensi belajar, dan persiapan siswanya. Kurikulum merdeka ini juga tak terlepas memiliki kekurangan dan kelebihan dalam kurikulumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa inggris di SMP. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan studi kepustakaan dengan mengumpulkan sumber melalui buku, nurnal, artikel dan sumber lainnya. Hasil dari penelitian ini ialah mengenai kurikulum merdeka sebagai kebijakan kurikulum baru di Indonesia. Kelebihan dan kelemahan pada kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum merdeka pada SMP. Dan implementasi kurikulum merdeka terhadap mata pelajaran bahasa inggris di SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilianti, dkk. 2023. Kurikulum Dari Masa Ke Masa 1900-Sekarang (Dari Masa Hindia Belanda Hingga Reformasi). Klaten: Lakeisha.

Alimuddin, Johar. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary Scholl.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 4, no. 02 (2023): 67–75.

Almarisi, Ahmad. “Kelebihan Dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Historis.” MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial 7, no. 1 (2023): 111–17. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291.

Anggara, Ari, Faridah Amini, Maria Siregar, Faraiddin Muhammad, and Nila Syafrida. “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5, no. 1 (2023): 1899–1904.

Ardianti, Yekti, and Nur Amalia. “Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka Dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 6, no. 3 (2022): 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749.

Barlian, Ujang Cepi, Anisa Sriwandita Yuni, Ria Restu Ramadhanty, and Yeni Suhaeni. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris.” ARMADA?: Jurnal Penelitian Multidisiplin 1, no. 8 (2023): 815–22. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.742.

Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Komariah, and Shinta Prima Rosdiana. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 02 (2023): 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.

Dirwan, Muhammad Ilham, Fiah Luthfiah Bani, and Putri Aulia Yuniarti. “Problematika Kesiapan Guru Bahasa Inggris Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMAN 9 Makassar” 4, no. 2 (2023): 106–10.

Jannah, Mumayzizah Miftahul, and Harun Rasyid. “Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 1 (2023): 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800.

Kurniati, Pat, Andjela Lenora Kelmaskouw, Ahmad Deing, Bonin Bonin, and Bambang Agus Haryanto. “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21.” Jurnal Citizenship Virtues 2, no. 2 (2022): 408–23. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516.

Nasution, Suri Wahyuni. “Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2021): 135–42. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181.

Pouw, Okta Anita, and Dety Mulyanti. “Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Jenjang Sma.” Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen 1, no. 2 (2023): 77. https://doi.org/10.32897/jiim.2023.1.2.2076.

Samiha, Yulia Tri, Andi Nabilla Zakiyah, Nia Anisah, Roja Riyani, Shabira Panca Putri, and Siti Arbaina Juliana. “Penerapan Konsep Dasar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka.” JIMR: Journal of International Mutidisciplinary Research 02, no. 1 (2023): 53–65.

Setiawan, Agus, Shofi Syifa’ul Fuadiyah Ahla, and H. Husna. “Konsep Model Inovasi Kurikulum Kbk, Kbm, Ktsp, K13, Dan Kurikulum Merdeka (Literature Review).” Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 7, no. 2 (2020): 113–22. http://conference.kuis.edu.my/pasak2017/images/prosiding/nilaisejagat/10-MAAD-AHMAD.pdf.

Setiawan, Rahmat, Nukmatus Syahria, Ferra Dian Andanty, and Salim Nabhan. “Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya.” Jurnal Gramaswara 2, no. 2 (2022): 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05.

Yani, Eka Erma. “Kurikulum Merdeka?: Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan” 02, no. 05 (2023): 85–88.

Downloads

Published

29-12-2023

Issue

Section

Articles