PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA DIGITAL

  • Dafiq Nur Muttaqin Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: pendidikan karakter, era digital

Abstract

Pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin hari semakin canggih yang dipicu oleh kebutuhan manusia terhadap teknologi semakin bertambah. Berkembangnya teknologi yang semakin maju menyebabkan dampak negative salah satunya adalah kurangnya pendidikan karakter yang dimiliki individu sehingga seringkali terjadi kirisis moral dan akhlak. Padahal sebuah karakter merupakan pondasi yang sangat penting dalam mengatur hidup manusia. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana penanaman pendidikan karakter yang harus diterapkan di era digital agar ketika menghadapi kehidupan kesehariannya tidak salah jalan sehingga tetap berada dalam pedoman kita umat Islam yaitu Alquran dan As-sunnah. Analisis data menggunakan metode study literature. Menggali informasi dan pemahaman pokok pembahasan dari berbagai sumber yang relavan kemudiaan ditelaah dan disusun kembali. Hasil yang diperoleh adalah penguatan pendidikan karakter harus dikenalkan dan ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Penanaman pendidikan karakter terutama pada lingkungan keluarga, sebab keluarga sebagai madrasah pertama bagi seorang anak. Sekolah dan lingkungan masyarakat juga berperan dalam menanamkan karakter yang baik sebagai bekal generasi bangsa yang bermoral dan berakhlak sekalipun berada pada era digitalisasi.

References

Anwar, Syaiful, Dosen Ftk, Iain Raden, and Intan Lampung. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. November (2016): 157–69.
Anwar, Syaiful, and Agus Salim. “Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Milenial.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (November 17, 2018): 233–47. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628.
Burhanuddin, Hamam. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Qur’an.” Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman 1, no. 1 (2019): 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217.
“Dunia Serba Digital, Ini 7 Fakta Menariknya - Bisnis Liputan6.Com.” Accessed April 13, 2021. https://m.liputan6.com/bisnis/read/3928604/dunia-serba-digital-ini-7-fakta-menariknya.
Hakim, Siti Nurina, and Aliffatullah Alyu Raj. “Dampak Kecanduan Internet (Internet Addiction) Pada Remaja.” Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia 1, no. 0 (August 22, 2017). http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2200.
Haris, Munawir, and Hilyatul Auliya. “URGENSI PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK.” MASILE 1, no. 1 (August 22, 2019): 46–64.
KOMINFO, PDSI. “Kemajuan Teknologi Digital Bawa Dua Dampak Perubahan.” Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Accessed April 13, 2021. http:///content/detail/15538/kemajuan-teknologi-digital-bawa-dua-dampak-perubahan/0/berita_satker.
Makmudi, Makmudi, Ahmad Tafsir, Ending Bahruddin, and Akhmad Alim. “Urgensi pendidikan akhlak dalam Pandangan Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (April 26, 2019): 17–37. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1349.
Mukti, Fajar Dwi. “INTEGRASI LITERASI SAINS DAN NILAI-NILAI AKHLAK DI ERA GLOBALISASI.” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (December 26, 2018): 318–38. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i2.18.
Noor, Amirudin. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PRODI PAI UMP, 2019. http://digital.library.ump.ac.id/261/.
“OSF | ‘MEMUDARNYA GOTONG-ROYONG KARENA MUNCULNYA SIFAT INDIVIDUALISME MASYARAKAT INDONESIA DI ERA GLOBALISASI.’” Accessed April 13, 2021. https://osf.io/7nd9a/.
Perkembangan Masyarakat Informasi & Teori Sosial Kontemporer. Accessed April 13, 2021. https://books.google.com/books/about/Perkembangan_Masyarakat_Informasi_Teori.html?hl=id&id=AJFBDwAAQBAJ.
pitoewas, berchah, nurhayati nurhayati, Devi Sutrisno Putri, and Hermi Yanzi. “ANALISIS KEPEKAAN SOSIAL GENERASI (Z) DI ERA DIGITAL DALAM MENYIKAPI MASALAH SOSIAL.” Bhineka Tunggal Ika 7, no. 1 (May 11, 2020): 17–23.
Rahmatullah, Azam Syukur. “Pendidikan Keluarga Seimbang Yang Melekat Sebagai Basis Yang Mencerahkan Anak Di Era Digital.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 15, no. 2 (December 15, 2017): 211–24. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.1144.
Sahronih, Siti. “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI DEGRADASI MORAL ANAK SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL.” PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR, 2018. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10188.
Santika, Tika. “Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA) 6, no. November (2018): 77–86.
“SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI.” Accessed April 13, 2021. https://sis.binus.ac.id/2019/06/05/sejarah-perkembangan-teknologi/.
Subianto, Jito. “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2013): 331–54. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.
Sudrajat, Ajat. “Mengapa Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter I, no. 1 (2011): 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.
Wardani, Kristi. “Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara,” no. November (2010): 8–10.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-01-06
Section
Articles