RELEVANSI PEMIKIRAN AL-GHAZALI DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DI MASA WALI SONGO

  • Hafid STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
  • Mahsun STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
Keywords: Konsep Pendidikan Islam, wali songo, dan pemikiran Al-Ghozali

Abstract

Konsep pendidikan Islam telah lama dikembangkan oleh para ulama sejak generasi tabi’in. Melalui generasi inilah konsep pendidikan Islam berkembang dalam bentuk yang paling ideal dan lambat laun memberikan kontribusi terhadap eksistensi peradaban Islam. Melalui konsep pendidikan yang semakin berkembang ini, lahirlah ulama-ulama yang telah melahirkan ide-ide dan pemikiran-pemikiran produktif dalam pengembangan bidang pendidikan. Salah satunya adalah Imam Abu Hamis Al-Ghozali, dari renungannya lahirlah berbagai buku yang memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan Islam. Konsep pendidikan Islam inilah yang kemudian menjadi landasan Wali Songo dalam menyebarkan dakwah di tanah Jawa yang jauh dari sumber ajaran Islam di Arab. Dengan menerapkan pemikiran Imam Ghozali, generasi Wali Songo memberikan berbagai gerakan dan sumbangan pemikiran yang membangun peradaban Islam baru di tanah Jawa (Nusantara). Wali Songo lebih banyak memberikan berbagai ajaran terhadap penjajahan nusantara dengan menyampaikan ajaran pemikiran Imam Al-Ghozali. Dengan demikian pemikiran alGhozali sangat relevan dengan konsep pendidikan Islam yang dikembangkan oleh Wali Songo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Binti Nur dan Fahad Asyadulloh. “PESANTREN MASA DEPAN: Paradigma Pendidikan Islam Paduan Tradisional-Modern Terintegrasi.” Urwatul Wutqo, Jurnal Kependidikan dan Keislaman, 10 (1) (Maret 2021).
Ali, Fachry. Agama, Islam dan Pembangunan. Yogyakarta: PLP2M, 2000.
Azhari, Devi Syukri. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Ghazali.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4 (2) (2021).
Aziz, Abdul. Ensiklopedi Islam IV. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Kyai. Jakarta: LP3ES, 1997.
Fuad, Ah. Zakki. “Rekonstruksi Tujuan Pendidikan Islam Berbasis Taksonomi Transenden.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 3, no. 2 (2015): 54–67.
Ihsan, Bisarul. “Pembentukan Karakter Siswa Madrasah.” Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan, no. Mi (n.d.): 1–8.
Kamalia, Nu′tih. “Konsep Ilmu Pendidikan Menurut Imam Al-Ghazali.” Jurnal AtTa’dib Universitas Darussalam Gontor 10, no. 1 (2015): 88–201.
Mohd Nor, Mohd Roslan. “Sumbangan Syarif Hidayatullah Dalam Penyebaran Pendidikan Agama Islam Di Jawa Barat.” At-Ta’dib 12, no. 1 (2017): 173. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v12i1.863.
Mujiningsih, Erlis N. Yetti, Erli. “Sunan Kalijaga Dalam Novel Babad Walisongo Dan Kisah Dakwah Walisongo.” Bahasa Dan Seni 43, no. 2 (2015): 213–26. http://journal2.um.ac.id/index.php/jbs/article/view/197/161.
Mustofa, Muhammad Khairil. “Islamic Education According To Imam Ghazali.” AtTahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah 4, no. 1 (2016): 21–53.
Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Sutiyono, Agus. “Sketsa Pendidikan Humanis Religius.” Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan 14, no. April (2008): 5–7.
Sulaiman, Fathiyah Hasan. Konsep Pendidikan Al-Ghazali. Jakarta: Guna Aksara, 1986.
Syafrizal, Achmad. “Sejarah Islam Nusantara.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 2, no. 2 (2015): 235. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.664
Zainuddin dkk. Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2023-06-30
Section
Articles