Konsep Pendidikan Islam Perspektif Az-Zarnuji sebagai Wawasan dalam Pembelajaran

  • Hayyul Mubarok STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
Keywords: Pendidikan, Az-Zarnuji, Pembelajaran

Abstract

lImu merupakan pengetahuan yang berasal dari pengamatan panca indera, juga bisa disebut empirik, lImu juga dapat berawal dari cara berfikir manusia dengan menggunakan rasio. Tapi ada istilah mengatakan lImu yang paling utama adalah lImu alam dan perbuatan yang paling mulia adalah menjaga hal atau kondisi diri. Pendidikan lsIam merupakan usaha dalam membangun dan meningkatkan sumber daya manusia (human resources), bersama dengan kesehatan (health) dan kesejahteraan sosial (welfare) melalui konsep lsIami. Pendidikan lsIam perspektif Az-Zarnuji merupakan rancangan kegiatan yang paling banyak berpengaruh terhadap perubahan perilaku manusia dan suatu masyarakat, serta menjadi model pembelajaran dalam pendidikan yang efektif untuk menyiapkan masyarakat di masa depan. Sedangkan ruang lingkup Pendidikan Agama lsIam meliputi keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, dan ketiga hubungan manusia dengan dirinya sendiri, serta hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungannya. Pada ruang lingkup inilah konsep Az-Zarnuji memiliki peran besar, sehingga melalui konsep yang ditawarkannya ada wawasan khusus di dalam pembelajaran.

References

Amna Emda. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Azwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian. Yogtakarta: Pustaka Pelajar.

Az-Zarnuji. 2019. Pentingnya Adab Sebelum lImu, Surakarta: PT Aqwam Media Perofetika.

Basir Abd. 2015. Pendidikan Keluarga Qur’ani. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Beni, Ahmad, saebani. 2010. lImu Akhlak. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hidayat, Rahmat. 2016. lImu Pendidikan lsIam. Medan: LPPPI.

Imam Az Zarnuji. 2019. Pentingnya Adab Sebelum lImu. Solo: PT AQWAM MEDIA PROFETIKA.

Imam, Az-Zarnuji. 2005. Ta’lim wa Muta’allim Pedoman belajar pelajar dan , Surabaya: AL-HIDAYAH.

Isnaeni. 2019. Konseling Behavioral Berbasis Kitab Ta’limul Muta’allim Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Seorang , Skripsi. Surabaya: UIN SunanAmpel,.

Langgulung, Hasan. 1987. Asas-Asas Pendidikan lsIam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Slameto. 2002.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Salatiga: PT RINEKA CIPTA.

Syekh Az Zarrnuji.1963.Ta’lim wa Muta’allim. Magelang: Maktabah Menara Kudus.

Zainuddin 2011. Al- Ma’bari Al-Malibar, Irsyadul Ibad. Beirut: Dar Al- Kutub.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Published
2021-06-30
Section
Articles