Penerapan Model Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII-B SMPN 1 Kokop Bangkalan

  • Sumarni UPTD SMPN 1 Kokop Bangkalan
Keywords: prestasi belajar, model kooperatif jigsaw, siswa

Abstract

Berbagai permasalahan model pembelajaran di UPTD SMPN 1 Kokop Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang masih kurang tepat dalam menggunakan model pembelajaran seperti terjadi di kelas VII-B pada mata pelajaran PPKn. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang aktif untuk belajar sehingga prestasi belajarnya rendah. Untuk membangkitkan prestasi siswa diterapkan model kooperatif jigsaw. Peningkatan terjadi, keaktifan maupun prestasi belajar. Siklus I, keaktifan siswa memperoleh nilai “baik”. Siklus II memperoleh nilai “sangat baik”. Sedangkan respon siswa siklus I dicapai dari 25 siswa, 22 memperoleh nilai 80, siklus II 22 peserta didik memperoleh nilai 100. Juga terjadi peningkatan prestasi belajar pada pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang dibuktikan siklus I 60% siswa memenuhi KKM. Siklus II meningkat pesat 90% siswa memenuhi KKM. Berdasarkan hasil siklus I dan II dengan keberhasilan yang signifikan maka tindakan kelas dihentikan.

 

 

References

Daryono. 1998. Pengantar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekayanto, Rachmad. 2011. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Quantum Learning Bagi Siswa Kelas IV di SDN Sidomulyo 08 Kecamatan Silo Jember Semester Dua Tahun 2011/2012. PTK Tidak Diterbitkan. Jember: SDN Sidomulyo 08.
Isjoni. 2016. Cooperative Learning : Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kusuma, Rukma, Deny. 2015. ‘Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team-Achievement Division (STAD) Dalam Pembelajaran Sosiologi Materi Masyarakat Multikultural Dan Multikulturalisme Di Kelas XI SMA Negeri 2 Blora’. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial UNNES.
Mahmud, Aspan, R.H., Bonifasius, dan Jamaludin. 2015. ‘Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Melalui Pendekatan Pembelajran Kooperatif Tipe STAD Kelas IV SD Inpres Koyoan’. Dalam Kreatif Tadulako Online. No. 1. Hal. 43-52.
Pemendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Saputra, Lukman, Surya., Aa Nurdiaman, dan Salikun. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : Buku Guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Sudirman, A. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Widayati,W. Martono, B., dan Mardiana, N. 2018. Model Diskusi pada Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Jurnal Ilmiah : FONEMA. 1 (2): 138-151.
UU RI No.20 Th 2003 Tentang SPN, Jakarta: Sinar Grafika.
Utari Pangestuti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII Di SMP Negeri 10 Semarang. Skripsi : Untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan.
Published
2020-12-30
Section
Articles