KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN

  • Ahmadi STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
Keywords: Alquran, belajar, alam

Abstract

Pendidikan yang semakin berkembang dari berbagai aspek, menuntut para insan pendidikan untuk turut serta berperan dan terlibat di dalam perkembangan tersebut. Untuk mengimbanginya, perlu adanya pembaharuan dalam pelaksanaan proses pendidikan. Pada perkembangannya, muncul berbagai teori pendidikan sebagai bentuk respon terhadap kompleksnya dunia pendidikan saat ini. Salah satu yang dapat diambil adalah teori “belajar bersama alam”. Teori ini merupakan salah satu teori yang tidak hanya dicetuskan oleh para tokoh pendidikan, tetapi juga tersirat di dalam Alquran. Teori ini juga dinilai mampu untuk menjembatani perkembangan yang terjadi dengan proses pendidikan yang tepat, karena pada pelaksanaannya ia menerapkan teori humanism yang bersifat Islami dengan mengedepankan teori brain-based learning dan multiple intelligences. Kedua teori tersebut dipandang mampu mewujudkan pendidikan yang komprehensif  dan sejalan dengan koridor-koridor yang digariskan Alquran. Teori belajar bersama alam kemudian menjadi dasar munculnya sekolah-sekolah alam yang memiliki karakteristik tersendiri; yaitu memadukan pendidikan dengan karakter alam, sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan dan berlangsung dengan maksimal dan dengan hasil yang maksimal pula.

References

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ali, Mohmmad Daud. 2005. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Alim, Akhmad. 2014. Sains dan Teknologi Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Alwasilah, A. Chaedar. 2015. Islam, Culture, and Education. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Departemen Agama RI. 2004. al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit Jumanatul ‘Ali-Art (J-Art,).
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. rineka Cipta.
Hamid, Moh. Sholeh.2014. Metode EDU Tainment. Jogjakarta: Diva Press.
Ismail, Hudzaifah. 2013. Kerajaan al-Qur’an. Jakarta: Almahira.
Perpustakaan Nasional RI. 2005. “Dunia”, Ensiklopedi Islam, Vol. 2, ed. Nina M. Armando,et al. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Said, Alamsyah & Budimaanjaya, Andi. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Sains Berbasis Alquran. Jakarta: Bumi Aksara.
Shihab, M. Quraish. 2013. Wawasan al-Quran, Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Suhendi & Murdiani, Septiana. 2012. Belajar Bersama Alam. Bogor: SoU Publisher.
Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2014. Bandung: Citra Umbara.
Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan Metode Mengajar Siswa di luar Kelas (Outdoor Learning). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Published
2019-12-31
Section
Articles