PENDEKATAN METODE DAN TEKNIK DIKLAT BAGI PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

  • Zainal Arifin IAIN Madura
  • Ali Nurhadi
Keywords: Metode Diklat, Partisipatif Andragogik, Ice breaking, Era Revolusi Industri 4.0.

Abstract

Masalah yang kerap terjadi di dunia pendidikan kita terletak pada pemilihan metode dan teknik baik itu dalam pelatihan maupun dalam pendidikan formal. Beberapa metode dan teknik seringkali tidak sesuai dengan kondisi psikis peserta didik, hasilnya pendidikan atau pelatihan membuahkan hasil yang kurang maksimal sehingga out put nya tidak bisa langsung masuk dalam dunia praktis. Untuk menciptakan nuansa edukatif yang humanis maka dibutuhkan pengertian dan pemahaman terhadap kondisi psikologis peserta didik. Penelitian ini akan fokus pada metode dan teknik pelatihan dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengungkap teknik mana yang sesuai dengan pelatihan dan pendidikan. Penelitian ini akan fokus pada metode diklat dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode partisipatif andragogik merupakan metode yang tepat dalam diklat, didukung dengan metode ice breaking untuk membuat suasana diklat lebih menyenangkan. Penelitian ini juga menghasilkan metode dan teknik diklat baru yakni TeH-Learning atau pembelajaran berbasis manusia dan teknologi sebagai jawaban atas perkembangan jaman yang ditandai dengan lahirnya era revolusi industri 4.0.

References

A. Fauzi, Ikka Kartika, 2011, Mengelola Pelatihan Partisipatif, Bandung: ALFABETA.
Abid, Nuskhan, 2017, “Penerapan Open Learning Course Bagi Lembaga Pendidikan Islam (Analisis Persepsi Pengelola Pesantren di Kabupaten Kudus jawa Tengah”, Madania, 01, 21.
Darmawan, Deni, 2016, Pengembangan E-Learning; Teori dan Desain, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fanani, Achmad, 2010, “Ice Breaking Dalam Proses Belajar Mengajar”, No Publisher, 11, VI.
Kamil, Mustofa, 2010, Model Pendidikan dan Pelatihan; Konsep dan Aplikasi, Bandung; ALFABETA.
Kurniasih, Ayu Novia dan Dedy Hidayatullah Al-Arifin, 2015, “Penerapan Ice Breaking (Penyegar Pembelajaran) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII A MTs.N An-Nur Pelopor Bandarjaya Tahun Pelajaran 2013/2014”, JPF, 01, III.
Lee, Min Hwa, at all, 2018. “How to Respond the Fourth Industrial Revolution, or The Second Technology Information Revolution? Dynamic New Combinations Between Technology, Market, and Society through Open Innovation”, Journal of Open Innovation, Technology, Market and Complexity, 21, April, 2018.
Majid, Abdul, 2014, Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhadi, Ali, 2018 “Perubahan Organisasi Bagi Pengelola Madrasah dalam Menghadapi Persaingan Global”, Al-Fikrah, No. 1, Vol, 1, Juni 2018.
Rianto, Milan, 2006, Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran, Malang; Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang, 2006.
Schwab, Klaus, 2016. The Fourth Industrial Revolution, New Yourk: Crown Bussiness.
Setyawan, Sigit, 2013, Nyalakan Kelasmu, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sujarwo, “Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Balajar Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi)”, PLS SIP UNY (No Name and No Volume), 1.
Syamsi, Ibnu, 2009, “Metode Pembelajaran Partisipatif untuk Penyelenggaraan Program Pendidikan Non-Formal Dalam Masyarakat”, Majalah Ilmiah Pembelajaran”, 02, 06.
Published
2019-12-31
Section
Articles