PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA PAINAN

  • Novia Triando Universitas Negeri Padang
  • Indra Yeni Universitas Negeri Padang
Keywords: kegiatan, motorik kasar, taman kanak-kanak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang aktivitas pengembangan motorik kasar anak. Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina Painan memiliki keunikan dalam pengembangan motorik kasar anak melalui pembelajaran sentra olah tubuh. Jenis penelitian ini ialah deskriptif dengan memakai pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah observasi, wawancara serta dokumentasi. Dari hasil penelitian secara umum menunjukkan pengembangan motorik kasar anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan, guru telah melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam proses pembelajaran. Guru berpedoman kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dengan kegiatan sesuai tema serta sub tema yang telah dirancang. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan setiap harinya guru melakukan sesuai yang telah direncanakan serta memakai metode yang bermacam-macam serta media yang menarik. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan seperti lari lurus, lari menyusun balok (meja pedagang), lari ziqzaq melewati balok, elo pukek, memindahkan bola kebelakang.

References

Anggito, A. 2018. Metodologi Penelitian kualitatif. Sukabumi Jawa Barat: CV Jejak.

Ariyanti, Tatik. 2016. Pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak.The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 8, No 1.

Fitri, A. 2017. Perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol 2, No (1), 1-13.

Hidayanti, Maria. 2013. Peningkatan motorik kasar melalui permainan bakiak (online). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 7.

Khairi, H. 2018. Karakteristik pengembangan ana usia dini daro 0-6 tahun. Jurnal warna, vol 2, no (2), 15-28

Latif, Mukhtar. 2014. Orientasi baru pendidikan anak usia dini: Teori dan aplikasi: Jakarta: Kencana.

Mahirah. 2017. Evaluasi belajar peserta didik (Siswa). Jurnal Idaarah. Volume 01 Nomor 02, Desember 2017.
Marwiyah. 2018. Perencanaan pembelajaran kontemporer berbasis penerapan kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish. Muhson, Ali. 2010. Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol 8, No 2.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Teori- teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Referens.

Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sriwahyuni, E. 2017. Metode pembelajaran yang digunakan PAUD (Pendidikan Ana usia Dini) Permata Bunda. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4 (1), 44-62.

Suardipa. 2020.Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, Widyacarya: Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya, Vol 4, No (2) 80-90.

Tafonao, Talizaro.2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 2, No 2, 103-114.

Wahyuni. 2018. Sikap hormat dan disiplin pada anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 2, No 01.
Published
2021-03-31
Section
Articles