MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT PESERTA DIDIK

  • ISMAIL Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan
  • Munib IAI Nazhatut Thullab Sampang
  • Mohammad Solehoddin IAI Nazhatut Thullab Sampang
Keywords: Manajemen Kesiswaan, Bakat dan Minat

Abstract

Dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas diperlukan manajemen pendidikan yang dapat memobilisasi segala sumber daya pendidikan. Manajemen pendidikan itu terkait dengan manajemen peserta didik yang isinya merupakan pengelolaan dan juga pelaksanaannya. Pokok masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana Perencanaan kesiswaan dalam mengembangkan bakat dan minat siswa. Kedua, bagimana pelaksanaan kesiswaan dalam mengembangkan bakat dan minat siswa. Ketiga, bagaimana evaluasi kesiswaan dalam mengembangkan bakat dan minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan bagaiamana langkah-langkah yang dilakukan oleh pihak pengelola madrasah terutama kesiswaan dam mengembangkan bakat dan minat siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Lengser Camplong. Metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu kualitatif deskriptif yang menggunakan jenis fenomenologis yang menggambarkan atau menguraikan hal apa adanya, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian metode keabsahan data yang digunakan yaitu, kreadibilitas data, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih kegiatan ekstra sesuai dengan bakat dan minatnya. Kedua, melakukan bimbingan kepada para siswa yang telah mengikuti kegiatan ekstra dengan jadwal yang ditentukan yakni kegiatan ekstra hadrah hari jumat sedangkan kegiatan ekstra pramuka hari minggu. Ketiga setiap kegiatan ekstrakurikuler tersebut di evaluasi setiap 3 bulan satu kali yang berarti dalam satu tahun program tersebut di evaluasi sebanyak 4 kali dengan melibatkan guru pembimbing disetiap program ekstrakurikuler.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, Siti, “Pemanfaatan bakat dan minat siswa dalam layanan penempatan dan penyaluran di MAN 3 Medan tahun ajaran 2017/2018”, (Penelitian Program Sarjana S1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sumatera Utara Medan, 2018).
Daryono, Menuju manajemen berbasis sekolah (Pasuruan: Lembaga Academic & Research institute, 2020).
Fadhilah, Ahmad, “Ananlisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasll Belajar Matematika Siswa” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 1, Nomor. 2, (Agustus, 2016)
Firmansyah, Dani, “Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika” Jurnal Pendidikan Uniska, Vol. 3, No. 1, (Maret 2015)
Habsari, Dra. Sri, Bimbingan dan Konseling SMA untuk kelas X. (Grasindo).
Hafsoh, Siti, “Peran guru dalam mengembangkan bakat dan minat siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) semester 2 materi Seni Rupa Melalui metode demonstrasi karya siswa kelas V A MI Maarif Bego tahun ajaran 2015/2016”, (Penelitian,Program Sarjana S1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016).
Hamiyah, Nur, Dkk, Pengantar Manajemen Pendidikan Di Sekolah, ( Jakarta: Prestasi Pustaka, 2015).
Herujito, Yayat M, Dasar-dasar Manajemen, (Bogor: Grasindo).
Ismail, Saniri, Abu Samsuddin dan Moh. Taufiqurrahman, "PEMBENTUKAN LINGKUNGAN RELIGIUS DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 CAMPLONG," Kabilah (Journal of Social Community), vol. 3, no. 2, pp. 174-188, 2018.
Jejen, Musfah,” Manajemen Pendidikan (Teori, Kebijakan, Dan Praktik)” (Jakarta; KENCANA, 2017).
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi kelima.
Kristiawan, Muhammad. Dkk, “Manajemen Pendidikan” (Yogyakarta; CV BUDI UTAMA, 2017).
Lily, Andriani, Implementasi Manajemen Kesiswaan Di Madrasah Tsanawiyah Cerdas Murni Kab. Deli Serdang. (Diss. Universitas Islam Negara Sumatera Utara, 2019)
Nahooda, Miss Paosiaa, “Manajemen Pembinaan Dan Pengembangan Bakat Minat Siswa DI Sekolah Pattanakan Suksa Mulniti Muang Satun Selatan Thailand”, (Penelitian Program S1, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Wali Songo Semarang, 2015).
Nasrulloh, Moh. Eko,“Pengembangan minat dan bakat dkwah siswa di MAN 3 Malang”, (Masther thesis, Universitas Maulana Malik Ibrahim, 2015).
Nurhasanah, Siti, , dan A. Sobandi, “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes)” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 1, No.1, (Agustus, 2016).
Nur Hamiyah, dan Mohammad Jauhar, “Pengantar Manajemen Pendidikan di sekolah”, (Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2015).
Rusli, Mohammad, , Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif berorientasi praktis,(Sumenep: LP3M PARAMADANI, 2013).
Saputri, Hanif Dewi, “Manajemen Ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di SD Muhammadiyah 1 alternatif kota Magelang”,( Penelitian,Program Sarjana S1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantiatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2015).
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).
Published
2021-03-31
Section
Articles