Meningkatkan Kompetensi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Pembelajaran Problem Posing Siswa Kelas IX di UPTD SMP Negeri 1 Konang Bangkalan Tahun 2020

  • Supeno SMP Negeri 1 Konang Bangkalan
Keywords: kompetensi, bangun ruang sisi lengkung, pembelajaran problem posing

Abstract

Model pembelajaran matematika yang di dalamnya mengharuskan siswa membuat soal/masalah, kemudian soal tersebut diselesaikan oleh siswa itu sendiri disebut dengan model pembelajaran problem posing.

Permasalahan pada penelitian ini adalah “Apakah melalui pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kompetensi  bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX di UPTD SMP Negeri 1 Konang Bangkalan tahun 2020. Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas IX di UPTD SMP Negeri 1 Konang Bangkalan tahun 2020 dalam memahami bangun ruang sisi lengkung melalui pembelajaran problem posing.

Subyek penerima tindakan dalam penelitian adalah siswa kelas IX-B semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif, yakni bersifat praktis berdasarkan permasalahan nyata yang dilakukan dengan dua siklus tahapan PAOR (Planning, Acting, Observing dan Reflecting). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes yang meliputi tes, observasi, dan diskusi.

 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa melalui pembelajaran problem posing diperoleh data penguasaan materi dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 69,21 menjadi 75,75 atau naik 6,54 poin (naik 9,45%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami bangun ruang sisi lengkung. 

References

Herdian. 2009. Model Pembelajaran Problem Posing. http://herdy07.wordpress.com/2009/04/19/model-pembelajaran-problem-posing/. (diakses tanggal 11 Agustus 2011).
Kemdikbud. 2019. Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional SMP Negeri 1 Konang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kemdikbud Republik Idonesia. 2018. Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
Permana, Achmad Shidiq. 2011. Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika. https://ashidiqpermana.wordpress.com/2011/05/17/problem-posing-dalam-pembelajaran-matematika/ (diakses tanggal 26 Pebruari 2019).
Pustekom. 2018. Modul 02. Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Riadi, Muchlisin. 2017. Model pembelajaran pengajuan masalah (problem posing). https://www.kajianpustaka.com/2017/11/model-pembelajaran-pengajuan-masalah-problem-posing.html (diakses tanggal 26 Pebruari 2019).
Sugandi, Asep Ikin. 2018. Penerapan Pendekatan Problem Posing Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. PRISMA Volume VII, No. 1, Juni 2018. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma (diakses tanggal 22 Oktober 2019).
Published
2021-03-31
Section
Articles