PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL DI KELAS 7 SMPN 5 BANGKALAN

Authors

  • Holili UPTD SMPN 3 Burneh Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.34556/millennial.v2i2.192

Keywords:

kualitas, pembelajaran, PAI, bahan ajar

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah, membutuhkan inovasi pembelajaran, termasuk didalamnya adalah penggunaan bahan ajar. Modul merupakan bahan ajar cetak yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta pembelajaran. Penggunaan bahan ajar modul yang meliputi berbagai aspek kontektual peserta didik dan elemen-elemennya. Bahan ajar modul disebut juga media untuk belajar mandiri karena di dalamnya telah dilengkapi petunjuk untuk belajar sendiri. Artinya, pembaca dapat melakukan kegiatan belajar tanpa kehadiran pengajar secara langsung. Bahasa, pola, dan sifat kelengkapan lainnya yang terdapat dalam modul ini diatur sehingga ia seolah-olah merupakan “bahasa pengajar” atau bahasa guru yang sedang memberikan pengajaran kepada murid-muridnya. Artinya, peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar tanpa kehadiran pengajar secara langsung.

Kurikulum 2013 yang yang sedang diuji cobakan pada sekolah sasaran, yang sekarang ini hanya 5 sekolah sasaran ( di Bangkalan ), pada kelas 7 adalah sarana yang tepat untuk dilaksanakan penelitian. Selanjutnya bagaimana bahan ajar ini dapat di implementasikan di sekolah dan dapat aplikasikan kepada peserta didik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif diskiptif, diharapkan mampu menyajikan penelitian yang akuntabel. Karena penelitian kualitatif  berusaha menampilkan sebuah keadaan secara holistik (utuh), yang menumbuhkan kecermatan dalam pengamatan. Sehingga kita dapat memahami secara menyeluruh tentang hasil penelitian.Dari hasil analisa terhadap data yang di peroleh dilapangan, tergambar bahwa penggunaan modul yang tepat, yang sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013 dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul PAI dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMP dari ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik.

 

Keyword: , , , 

References

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset, 2009)
Agus Salim (ed.), Teori dan Paradigma penelitian Sosial (Jogjakarta: Tiara Wacana, 2001)
Andi Prastowo, Panduan Kratif Membuat Bahan Ajar Inovatif , (Jogjakarta: DIVA press, Cet V, 2013)
_________, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011)
Anwar, Ilham.. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung, 2010
Arif Furchan, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif (Surabaya: Usaha Nasional, 1992)
Bungin, M. Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007)
Creswell, John W. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. (London: Sage Publications, 2002)
Depdiknas, Pedoman Hibah Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Sekolah Bertaraf Internasional, (Jakarta : Depdiknas, 2007)
James P. Spradley, Participant Observation, (New York: Holt, Rinehart and Winstond, 1980)
Lexi J. Moloeng, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung; Remaja Rosdakarya, 2007)
Mardalis, Metodologi Penelitian; Suatu Pendekatan Proposal, (Jakarta: Rosda, 2002)
Mardiyah, Kepemimpinan Kiyai dalam Memelihara Organisasi, (Malang, Aditiya Media Publishing, 2012)
Muhaimin, Suti’ah, Sugeng Listyo Prabowo, Manajemen Pendidikan-Aplikasi Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)
Noeng Muhajir Metodologi Keilmuan: Paradigma Kualitatif, dan Mixed (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2007)
__________, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jogjakarta: Penerbit Rake Sarasin, 2000)
Permendikbud nomor 67 tahun 2013 tentang Standart proses pada SMP
Permendikbud nomor. 81A tahun 2013 tenatang implementasi kurikulum 2013, lampiran iv
Sanapiah Faisal, Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi (Malang: YA3, 1990)
Sutrisno Hadi, Metodologi Riset (Yogyakarta : Andi offset, 1990)
Sugiyono, Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, dan R & D, ( Bandung: Penerbit Alfabeta, 2009)
________, Metode Penelitian kuantitatife, Kualitatife, dan R & D. (Bandung: ALFABETA, 2008)
Sutopo, HB., Metode Penelitian Kualitatif, (Surakarta: UNS Press, 2006)
Sonhaji, Ahmad. “Teknik Penulisan Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif Dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan”,( Malang: Kalimasada Press, 1996)
S. Nasution, MetodePenelitian Naturalistik, (Bandung, Tarsito, 2003)
Winkel. Psikologi Pengajaran.( Yogyakarta : Media Abadi. 2009)
Wijaya, Cece,.dkk.. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran. (Bandung: Remadja Karya,1988)
Vembriarto, St., Pengantar Pengajaran Modul. (Yogyakarta, Yayasan Pendidikan Paramita, 1985)
Yunus, Hadi Sabari. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer.(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2022-10-11

Issue

Section

Articles