GENDER DALAM PANDANGAN PENDIDIKAN

Authors

  • Rif’ah Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Aprilia Khotimatul M Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Siti Nur Imamah Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Hozeini Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Junaidi Universitas Ibrahimy Situbondo

DOI:

https://doi.org/10.34556/millennial.v2i1.184

Keywords:

Pendidikan, gender

Abstract

Pendidkan dan gender merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan. Ketika ada perlakuan yang dirasa terjadi ketidak adilan gender, maka akan berimbas kepada pendidikan. Gender bukanlah jenis kelamin. Gender adalah menyangkut peran antara laki-laki dan perempuan.  Gender digunakan untuk meng identifikasi laki-laki dan perempuan dari segi sosial budaya. Sementara jenis kelamin )digunakan untuk meng identifikasi perbedaan laki-laki dan perempuan dari segi anatomi biologisnya. Pendidikan sangat bermanfaat untuk mewujudkan kesadaran gender, yang pada akhirnya terwujud kesetaraan dan keadilan gender, Dengan pendidikan bias gender dan ketidak adilan gender akan terhindari.

References

Jelly gustiana. Bias Ggender dalam Proses Pendidikan, Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan gender. Volume 13, Nomor 1, 2014. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/marwah/article/view/882 2014 diakses pada kamis 24 juni 2021 pukul 21.00
S, Achmad, S. (2019). Membangun Pendidikan Berwawasan Gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, Volume 14, Nomor 1. 70-91. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2843
Sa’i, Mad. 2015. “Pendidikan Islam dan Gender”. Islamuna: Jurnal Studi Islam Vo. 2, No. 1. Pamekasan, Indonesia, 118-38. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i1.657.

Tjipto, Subaidi. Sosiologi dan Sosiologi Pendidikan. (kartasura:gramedia Jakarta. Cet. Ke – 2. 2009).
Undang-undang Republik Indonesia no 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional.
Wiwin Warliyah. Pendidikan berbasis gender Awariness strategi meminimalisir bias gender di pondok pesantren. Jurnal islam nusantara . Volume 1, Nomor 2, 2017. 113-131. http://jurnalnu.com/index.php/as/article/view/30 . diakses pada kamis 24 juni 2021 pukul 20.24
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Rif’ah, Aprilia Khotimatul M, Siti Nur Imamah, Hozeini, & Junaidi. (2022). GENDER DALAM PANDANGAN PENDIDIKAN. Millennial: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37–46. https://doi.org/10.34556/millennial.v2i1.184

Issue

Section

Articles