KONTEKSTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Authors

  • Nurul Alamin IAIN Kerinci
  • Halil Khusairi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Luqyana Azmiya Putri Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga
  • Muhamad Yusuf Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.34556/millennial.v2i2.183

Keywords:

Kontekstualisasi, Pendidikan Karakter, Sekolah.

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pendalaman yang mendalam terkait ayat al-Quran yang berhubungan dengan pendidikan karakter perspektif al-Qur’an. Fenomena yang ditemukan lapangan menunjukkan bahwa peserta didik masih minus akhlak di lingkungan sekolah maupun masyarakat, seperti intoleran, pengeroyokan, pelecehan seksual bahkan tindakan radikalisme. Seperti aksi intoleran terjadi di 10 sekolah negeri Jakarta, kemudian pengeroyokan yang dilakukan oleh 9 teman BT, membuat BT meninggal dunia. Kasus ujaran kebencian dilakukan oleh dua orang siswi yang berseragam putih abu-abu SMKN 1 Kota Banjar yang melampiaskan kekesalannya beredar di media sosial. Kasus yang mengerikan juga terjadi di Cibiru, Kota Bandung, Jawab Barat. Pendidikan karakter merupakan upaya penanaman kecerdasan dalam berpikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengamalan dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya. Diwujudkan dalam interaksi dengan Tuhannya, diri sendiri, antarsesama, dan lingkungannya. Dalam artikel ini penulis hanya mengangkat empat nilai karakter dai 18 nilai karakter tersebut, yakni toleansi, religius, cinta damai, dan sahabat/komunikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian library research. Teknik pengumpulan data menggunakan redaksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dikaitkan dengan al-Quran terdapat di dalam Q.S. al-Baqarah: 256 mengenai toleransi, Q.S. an-Nur: 30 tentang menjaga nilai religius, Q.S al-A’raf: 33 mengisyaratkan tentang cinta damai dan Q.S. ali-Imran: 159 tentang bersahabat dan komunikatif.

References

Afiyatun, Ummu; “Pengembangan Nilai Cinta Damai Untuk Mencegah Bullying Di Sekolah Dalam Rangka Membentuk Karakter Kewarganegaraan (Studi Kasus Di SMA Kecamatan Gemolong).” PKN Progresif 10, no. 1 (2015).
Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (2019).
Akhwani, Akhwani, and Moh Wahyu Kurniawan. “Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Keguruan Dalam Menyiapkan Generasi Rahmatan Lil Alamin.” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 3 (2021): 890–99. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/455.
Al-Qurthubi, Imam. Tafsir Al Qurthubi Jilid 3. Translated by Fathurrahman and Ahmad Hotib. Jakarta: Pustaka Azzam, 2007.
Arianto. “‘Menuju Persahabatan’ Melalui Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa Beda Etnis (Studi Kasus Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako).” KRITIS: Jurnal Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanuddin 1, no. 2 (2015): 219–29.
Artiyanto, Susi. “Beredar Video Berisi Ujaran Kebencian, Siswi SMKN 1 Banjar Minta Maaf.” online, 2022. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/398062/beredar-video-berisi-ujaran-kebencian-siswi-smkn-1-banjar-minta-maaf.
Asiyah, Siti Nur, and Anan Asrul. “Pola Dan Proses Pendidikan Toleransi Dalam Pembentukan Sikap Toleransi Siswa Antar Umat Beragama Di Smkn Tutur.” Multicultural 5, no. 1 (2021): 55–62.
Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al Munir: Akidah, Syariah & Manhaj Jilid, n.d.
Creswell, John W. Research Design?: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. New York: SAGE Publication, 2014.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Tajwid Terjemahanya,. Bandung: Syaamil Qur’an, 2010.
Dewi, Larasati, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. “Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021): 8060–64.
Febrianshari, Deddy, Vivian Cahaya Kusuma, Nida Dwi Jayanti, Dyah Worowirastri Ekowati, Mukhamad Yunus Prasetya, and Istanti Suwandayani. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD 6, no. 1 (2018): 88–95.
Fitriani, Totok Priyadi, and Martono. “Nilai Pendidikan Karakter Yang Tercermin Dalam Syair Sultan Syarif,” 2019, 1–11.
Halim, Arifa Rizki, Mislinawati, and Awaluddin. “Upaya Guru Dalam Menerapkan Karakter Cinta Damai Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Banda Aceh,” n.d.
Idris, Gusti. “Penanaman Karakter Religius Dalam Pelaksanaan Program Jum’At Bergema Di Sma Negeri 2 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.” Jurnal Pembelajaran Prospektif 4, no. 2 (2019). https://doi.org/10.26418/jpp.v4i2.40486.
Jamaruddin, Ade. “Membangun Tasamuh Keberagaman Dalam Persfektif Islam.” Jurnal Toleransi?: Media Komunikasi Umat Beragama 8, no. 2 (2016): 170–87.
Jannah, Miftahul. “Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.” Al-Madrasah:Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (2019): 77–102.
Katsir, Ibnu. Ibnu Katsir Jilid 2.Pdf. Translated by M. Abdul Ghoffar. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2005.
———. Ibnu Katsir Jilid 6.Pdf. Translated by M. Abdul Ghoffar. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2005.
Kemendikbud, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).” Online, 2014. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/karakter.
———. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).” Online, 2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan.
Listyarti, Retno. “Catatan KPAI Tahun 2022, Pengeroyokan ABG Dan Tawuran Pelajar Marak Terjadi Meski Masa Pandemi.” Online, 2022. http://www.dakta.com/news/29836/catatan-kpai-tahun-2022-pengeroyokan-abg-dan-tawuran-pelajar-marak-terjadi-meski-masa-pandemi.
Mulyani, and Sumarti. “Upaya Peningkatan Karakter Cinta Damai Peserta Didik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 2, no. 2 (2019): 57–60.
Mumin, U. Abdullah. “Pendidikan Toleransi Perspektif Pendidikan Agama Islam (Telaah Muatan Pendekatan Pembelajaran Di Sekolah).” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 1, no. 2 (2018). https://doi.org/10.5281/zenodo.3554805.
Naufal, Muhammad. “Aksi Intoleran Di Sekolah Jakarta, Guru Larang Murid Pilih Ketua OSIS Non-Muslim Hingga Paksa Siswi Berjilbab.” Online, 2022. https://megapolitan.kompas.com/read/2022/08/11/08400201/aksi-intoleran-di-sekolah-jakarta-guru-larang-murid-pilih-ketua-osis?page=all.
Pranata, Yosep Yoga, and Gendon Barus. “Peningkatan Karakter Bersahabat Melalui Layanan Bimbingan Kelasikal Dengan Pendekatan Experiential Learning.” Solution: Journal of Counseling and Personal Development 1, no. 1 (2019): 1–14.
Putri, Ragil Dian Purnama, and Nindiya Eka Safitri. “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Kece (Komunikatif, Empatik, Cinta Damai, Energik) Di Sekolah Dasar Dalam Pemanfaatan Bonus Demografi.” Seminar Nasional Pendidikan, 2018.
Rosidatun. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Comunication, 2018.
Sari, Dewi Purnama. “Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an.” Islamic Counseling 1, no. 01 (2017): 1–24.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an Vol 10. Jakarta: Lentera Hati, 2005.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Suwartini, Sri. “Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4, no. 1 (2017). https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22.
Tim TvOne. “Herry Wirawan Perkosa Santriwatinya Di Rumah Tahfiz Madani Yang Jadi Tempat Menghapal Al-Qur’an.” Online, 2021. https://www.tvonenews.com/berita/17659-herry-wirawan-perkosa-santriwatinya-di-rumah-tahfiz-madani-yang-jadi-tempat-menghapal-al-quran.

Downloads

Published

2022-10-11

Issue

Section

Articles