Role Model; Karakteristik Pendidik Sebagai Sosok Teladan

Authors

  • Luqyana Azmiya Putri Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga
  • Nurul Alamin Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Muhamad Yusuf Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.34556/millennial.v2i1.180

Keywords:

Pendidik; Karakteristik; Keteladanan; Mursyid.

Abstract

Di pundak seorang pendidik, terdapat amanah besar yang dititipkan dalam mencetak generasi yang berkarakter. Keberhasilan proses pendidikan akan bergantung pada subyek pendidikan itu sendiri. Subyek pendidikan merupakan individu yang memberikan bimbingan kepada peserta didik. Berangkat dari tugas-tugas pendidik dalam perspektif Islam, setidaknya terdapat enam karakteristik pendidik yang meliputi tugas pendidik sebagai ustadz, muallim, murabbi, mursyid, mudarris dan muaddib. Salah satu karakteristik yang paling berpengaruh ialah pendidik sebagai mursyid, dimana pendidik memiliki karakteristik sebagai seorang figur yang memberi sikap dan keteladan yang baik kepada para siswa dan siswinya. Pendidik sebagai role model akan berdampak pada perilaku peserta didik. Metode penelitian yang digunakan mengaju pada pendekatan library research dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pendidik dalam perspektif Islam dengan berdasarkan dari sumber-sumber al-Quran dan Hadis. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik teladan harus dimiliki oleh pendidik. Sebab, pendidik akan menjadi pusat perhatian bagi peserta didik sebagai sosok yang dijadikan patokan, pedoman, dan acuan dalam bersikap.

References

Aini, Lesminatul, Lailatul Badriyah, and Nurul Kastia Syahfitri. “Analisis Pola Pendidik Profesional Sesuai Karakteristik Islam.” JPT: Jurnal Pendidikan Tematik 1, no. 2 (2020): 21–31.
Alwi, Hasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
AM, Ruslan Fariadi. “Karakteristik Nabi Sebagai Pendidik Paripurna Perspektif Hadis.” Itqan 11, no. 1 (2020): 1–19.
Baskoro, Agung. “Hadis-Hadis Rasulallah Saw. Tentang Pendidik.” Almufida 2, no. 2 (2017): 133–44.
Basri, Hasan, and Beni Ahmad Saebani. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Ihsan, M. “Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Pesantren.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 6, no. 1 (2018): 175. https://doi.org/10.21043/libraria.v6i1.3832.
J. W. Cresswell. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. California Desmita: Sage Publication, 1998.
Jamin, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta, 2014.
Jazuli, and Sukarso Ghrazianendri. “Keteladanan Guru Dalam Perspektif Pandangan Al-Qur’an Dan Al-Hadist Melalui Implementasi Kurikulum 2013.” Al-Afkar: Journal For Islamic Studies 4, no. 1 (2019).
Kartikowati, Triasih. “Nilai-Nilai Moderasi Islam Perspektif Ahmad Syafi’i Ma’arif Dalam Buku Tuhan Menyapa Kita Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam.” IAIN Purwokerto, 2020.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Balitbang Diklat Kemenag Ri. Pendidikan, Pembangunan Karakter, Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Vol. 2010. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia, n.d.
Lestari, Ika Tri. “Pengaruh Karakteristik Pendidik Terhadap.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran 5, no. 2 (2018): 66–80.
Ma’rifat, Inayati, Cut Dhien Nourwahida, and Andri Noor Adriansyah. “Pola Asuh Anak Dalam Keluarga Pemulung.” PhotosynthHarkatetica 2, no. 1 (2018): 1–13.
Maryono. “Karakteristik Pendidik Perspektif Imam Ibnu Jama?ah.” Jurnal Al-Fawa’id 9, no. 2 (2019).
Miles, Mattew B, and A Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif (Terj. Tjejep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI-Press, 1992.
Muchtar, Heri Jauhari. Fikih Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Muhaimin dkk. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Gradinfo Persada, 2005.
Nurhalimah, Nurhalimah. “Telaah Komponen Dan Pendekatan Pengembangan Kurikulum.” Islamika 11, no. 2 (2020): 65–90. https://doi.org/10.33592/islamika.v11i2.433.
Rasyidin, Al. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Cipta Pustaka, 2012.
Rosyad, Ali Miftakhu. “The Implementasi Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (The Implementation Of Multiculturalism Values Through Learning of Islamic Religion Education).” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 5, no. 1 (2019): 1–18.
Sabri, Rijal. “Karakteristik Pendidik Ideal Dalam Tinjauan Alquran.” Sabilarrasyad, 2017.
Samrin. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai).” Jurnal Al-Ta’dib 9, no. 1 (2016).
Setiawan, Ilham Agam. “Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Perspektif Hadis.” Sabilarrasyad 2, no. 2 (2019).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sukma, MRP. “Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 (2015): 85–103.
Toguan, M. “Karakteristik Pendidik Menurut QS. Maryam: 12-15.” Idrak: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (2019).

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles