PERANAN PENTING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MAHASISWA DAN DOSEN DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.34556/millennial.v1i2.149Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Mahasiswa, Dosen, dan Perguruan TinggiAbstract
Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapakan manusia supaya mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani ajaran agama Islam, bertaqwa dan berakhlaq mulia dalam mengamalkan agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al-qur’an dan Hadist Nabi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya Pendidikan agama Islam bagi mahasiswa dan dosen di lingkungan perguruan tinggi, dan manfaatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Hasil penelitian memberikan jawaban (1) Secara hakikat pendidikan agama Islam sangat penting bagi mahasiswa dan dosen karena dapat membentuk manusia bertaqwa, dan patuh kepada Allah Swt, dalam menjalankan ibadah dengan menekankan pembinaan kepribadian muslim yakni pembinaan akhlaqul karimah, (2) Manfaat Pendidikan agama Islam bagi mahasiswa dan dosen di lingkungan Perguruan Tinggi, adalah dapat menciptakan hubungan yang selaras dan seimbang antara manusia dan sang khaliq, manusia dengan dirinya sendiri, juga terhadap makhluq lain, serta alam semesta.
References
Abdul Majid, Dian Andayani, 2005, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi; Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya
Amka, 2019, Filsafat Pendidikan, Cetakan Pertama, Sidoarjo: Nizamia Learning Center
Hadirah Ira, 2008, Dasar-Dasar Kependidikan, Makassar: UIN Alauddin
Nurhasanah Bakhtiar, 2013, Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Cetakan Kesatu, Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Syahidin, dkk, 2021, Pendidikan Agama Islam Kontemporer, Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Bandung: Cahaya Insan Mandiri Publisher
Zuhairini, dkk, 1983, Metode Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional
Zakiah Darajat, dkk, 1990, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Zuchdi Darmiyati, 2011, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNY Press
Zakiah Daradjat, 1995, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.