POLA SOSIALISASI PESERTA DIDIK DALAM PROSES PENDIDIKAN (PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN UMUM DAN ISLAM)

  • Firmansyah UIN Raden Fatah Palembang

Abstract

Pemahaman yang komprehensif mengenai anak didik dalam kaitannya sebagai makhluk sosial dalam hubungannya dengan pendidikan sangat diperlukan oleh praktisi pendidikan. Penelitian ini akan membahas pengertian sosialisasi, faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi, dan deskripsi pola sosialisasi peserta didik dalam proses pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian riset kepustakaan (library research), yang bermaksud untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan pola sosialisasi peserta didik dalam proses pendidikan dalam perspektif sosiologi pendidikan, terutama pendidikan Islam berdasarkan studi kepustakaan dari berbagai pandangan ahli. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa sosialisasi adalah suatu proses sosial yang ditempuh oleh seorang individu melalui proses pendidikan dalam upaya pembentukan sikap yang sesuai dengan nilai sosial dan kultural masyarakat dimana individu tersebut hidup bersamanya. Kegiatan sosialisasi dipengaruhi oleh lima faktor, yaitu: sifat dasar, lingkungan prenatal, perbedaan individu, lingkungan, dan motivasi. Sosialisasi anak didik tidak terlepas dari trinitas lingkungan pendidikan, yaitu: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, sinergi yang baik anatara ketiga unsur ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan pendidikan dalam sosialisasi anak didik.

 

Kata Kunci:    pola sosialisasi, pendidikan, peserta didik, pendidikan umum, pendidikan Islam.

References

Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Sosial Dasar, cet. 4. Jakarta: Rineka Cipta.

--------------. 2007. Sosiologi Pendidikan, cet. 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Allamah Abdurrahman bin Muhammad bin Khaldun. 2011. Mukaddimah Ibnu Khaldun, diterjemahkan oleh Masturi Irham, dkk. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

A.M., Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, ed. I, cet. 21. Jakarta: Rajawali Pers.

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Daradjat, Zakiah, dkk. 2012. Ilmu Pendidikan Islam, ed. I, cet.10. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia, ed. 3, cet. 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Freire, Paulo. 2007. The Politic of Education: Culture, Power, and Liberation, diterjemahkan oleh Agung Prihantoro dan Fuad Arif Fudiyartanto dengan judul Politik Pendidikan Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan, cet. 6. Yogyakarta: REäD bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar, cet. 14. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih S. 2003. Perencanaan Pengajaran, cet.2. Jakarta: Rineka Cipta.

Idi, Abdullah. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan, editor Safarina HD, cet. 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-dasar Kependidikan: Komponen MKDK, cet. 5. Jakarta: Rineka Cipta.

Jalaluddin. 2001. Teologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

M. Setiadi, Elly dan Usman Kolip. 2011. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana.

Nasution, S. 2011. Sosiologi Pendidikan, cet. 6. Jakarta: Bumi Aksara.

Salahudin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar, ed. I, cet. 43. Jakarta: Rajawali Pers.

Suara Muhammadiyah, No.20/TH.ke-97, 16-31 Oktober 2012.

Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar, ed. revisi, cet. 4. Jakarta: Rajawali Pers.

Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (cet. 9; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Published
2021-10-20
Section
Articles