Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) di SD Negeri Dumajah 2 Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan.

  • Titik Sufiana, S.Pd. SD Negeri Dumajah 2 Tanah Merah Bangkalan
Keywords: lingkungan sekolah, KKG dan guru

Abstract

Selama ini guru masih sangat jarang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Seperti observasi awal yang dilakukan di SD Negeri Dumajah 2 Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan, guru-guru di sekolah tersebut memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar hanya dua sampai tiga kali dalam satu semester. Guru lebih sering menyajikan pelajaran di dalam kelas walaupun materi yang disajikan berkaitan dengan lingkungan sekolah. Dari wawancara yang dilakukan, sebagian besar guru mengaku enggan mengajak siswa belajar di luar kelas, karena alasan susah mengawasi. Selain itu ada guru yang menyampaikan bahwa tidak tahu dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Maka untuk mengatasi hal tersebut diadakan penelitian berjudul peningkatan profesionalitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) di SD Negeri Dumajah 2 Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa dari 8 orang guru yang terlibat, maka 5 orang guru sudah mendapat skor dengan katagori “baik” sedangkan yang 3 orang dengan katagori “cukup”. Oleh karena itu dilanjutkan dengan tindakan siklus II yang hasilnya yaitu 75% guru mendapatkan katagori baik dengan skor rata-rata 80-89. Hasil tersebut telah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang diharapkan, oleh karena itu siklus dihentikan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan profesionalitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui pendekatan diskusi kelompok kerja guru (KKG) di SD Negeri Dumajah 2 Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan. Juga pemanfaatan kelebihan diskusi dalam kelompok kerja guru (KKG) dapat memecahkan masalah yang dihadapi guru terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam proses belajar mengajar di Sekolah. Selanjutnya dapat disarankan bahwa guru dalam menyusun skenario pembelajaran agar memanfaatkan lingkungan sekolah dan siswa dengan materi pembelajaran, serta mengintensifkan diskusi KKG dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

 

Published
2020-12-31
Section
Articles