Pelatihan Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru UPTD SD Negeri Tlokoh 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan Pada Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Rmozu Aini, S.Pd. UPTD SDN Tlokoh 2 Kokop Bangkalan
Keywords: KKM, guru dan nilai

Abstract

Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan tahap awal pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa dan bagian dari langkah pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Oleh karena itu penetapannya harus mempertimbangkan kemampuan siswa sehingga dapat mencapai ketuntasan secara ideal yang telah ditetapkan oleh pusat. Namun kenyataan dilapangan, guru menetapkan KKM tidak berdasarkan analisis dan tidak memperhatikan langkah-langkahnya. Seperti yang terjadi di UPTD SD Negeri Tlokoh 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan pada tahun ajaran baru 2019/2020 guru menetapkan KKM dengan asal jadi sehingga belum mampu menetapkan dengan baik. Hal tersebut terjadi karena kurang pembinaan dari kepala sekolah sebagai stakeholder. Oleh karena itu, peneliti sebagai kepala sekolah mengadakan pelatihan menetapkan kriteria ketuntasan minimal dalam meningkatkan kompetensi guru. Pelaksanaan tindakan sekolah dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2019 pada tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut terlihat dari nilai siklus I yang sekitar 7 dari total jumlah peserta 10 orang masih mendapat nilai cukup atau kurang, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 7 guru mendapat nilai baik bahkan ada 3 guru mendapat nilai sangat baik. Jika dipersentase yang awalnya hanya 30% mampu membuat KKM dengan benar pada siklus I kemudian pada siklus II naik sekitar 70% guru dapat membuat KKM dengan benar. Maka dengan demikian, siklus dihetikan.

Published
2020-12-31
Section
Articles