Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Membuat Laporan Sederhana Siswa Kelas II UPTD SD Negeri Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

  • Yuniati Farida UPTD SDN Bandang Laok 1 Kokop Bangkalan
Keywords: model pembelajaran bades learning, hasil belajar siswa, dan KKM

Abstract

Dalam pembelajaran sering terjadi kekurangan penggunaan model pembelajaran. seperti di UPTD SD Negeri Bandang Laok 1 kecamatan kokop kabupaten Bangkalan kurang tepat menggunakan model pembelajaran sehingga siswa tidak efektif menerima materi pelajaran  sehingga pembelajaran tidak efektif  maka untuk mengelola proses belajar mengajar dengan baik, guru harus pandai memilih metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.Salah satu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar lebih aktif adalah model Problem Based Learning (PBL). Kemudian dilakukan penelitian berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melaului Model Pembelajaran Based Learning Pada Materi Membuat Laporan Sederhana Siswa Kelas II SD”. Berdasarkan hasil penelitian, aktifitas siswa meningkat, Yaitu siklus 1 terlihat 80 ⁒ jujur, dan siklus II 95⁒ Aspek disiplin siklus 1 terlihat 75⁒ dan sikus II terlihat 90⁒  disiplin. Aspek tanggungjawab terlihat 75 ⁒ lalu siklus II meningkat hingga 95⁒ .Aspek kesantunan siklus I terlihat 90 ⁒ dan siklus II meningkat menjadi 100⁒ santun. Aspek peduli siklus I 65 ⁒  pada siklus II meningkat menjadi 95⁒ Aspek percaya diri pada siklus 1 terlihat 60 ⁒ pada siklus II 95⁒ percaya diri. Kemudian tes tulis siklus 1 muatan pelajaran Bahasa Indonesia 50 ⁒ diatas KKM, meningkat pada siklus II 95⁒  diatas KKM. Muatan pelajaran  PPKn pada siklus 1 sejumlah 60 ⁒ diatas KKM, kemudian pada siklus II 95⁒ mendapat nilai diatas KKM. Adapun tes keterampilan  membuat laporan sederhana siklus 1 terlihat 60⁒ baik , pada siklus II 95 ⁒ dapat membuat laporan dengan baik. Tindakan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) ternyata sangat memuaskan. Berdasarkan pelaksanaan penelitian tindakan kelas di UPTD SDN Bandang Laok 1 kecamatan Kokop pada tahun pelajaran 2020/2021 diketahui bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningktakan hasil belajar siswa,oleh karena itu siklus dihentikan.

Published
2020-12-31
Section
Articles