Penerapan Metode Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI DI UPTD SD Negeri Tanjung Jati 2 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Authors

  • Sih Widayati, S.Pd. UPTD SD Negeri Tanjung Jati 2 Kamal Bangkalan

Keywords:

metode pemecahan masalah, hasil belajar, dan siswa

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pokok perbandingan dan skala sebelum menggunakan metode pemecahan masalah. Juga untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika dengan menerapkan metode pemecahan masalah. Pokok bahasan belajar siswa adalah menyelesaikan soal cerita pada materi pokok perbandingan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), proses penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang sebelumnya melakukan tindakan tahap pra-siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Temuan awal menurut keterangan yang diperoleh dari hasil evaluasi soal cerita pada materi pokok perbandingan dan skala rata-rata nilai adalah 4,67 bahkan ada siswa yang mendapatkan nilai 3,0. Maka dapat disimpulkan bahwa prestasi siswa tergolong rendah karena masih dibawah standar ketuntasan minimal, yaitu 6,0. Hal tersebut menjadi permasalahan belajar siswa.kemudian diadakan tindakan yang memperoleh hasil penelitain bahwa metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan sejumlah 92% atau 23 siswa dari jumlah keseluruhan memenuhi KKM yang ditentukan pada siklus I. Kemudian pada siklus II lebih meningkat lagi yang dibuktikan dengan kenaikan 100% atau sejumlah 25 siswa memperoleh nilai rata-rata 6,61 keatas. Maka kemudian keseluruhan siswa dikategorikan lulus 100%. Begitu juga dengan kedisiplinan, motivasi, minat, dan aktivitas siswa siklus I dikategorikan baik, kemudian pada siklus II dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di sekolah dasar ternyata dapat meningkatkan belajar matematika dan seyogyanya guru dapat mencoba menerapkan metode ini agar siswa aktif dan termotivasi dalam belajar matematika.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles