Peningkatan Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun Di Sekolah Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas 2 UPTD SDN Sepulu 4 Kecamatan Sepulu Bangkalan.

  • Parsiti, S.Pd. UPTD SD Negeri Sepulu 4 Sepulu Bangkalan
Keywords: model STAD, belajar tematik, dan siswa kelas 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar tematik subtema hidup rukun di sekolah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada siswa kelas 2 UPTD SDN Sepulu 4 Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan. sebanyak 11 orang dan yang mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 9 siswa, yaitu muatan PPKn memperoleh nilai 69,3, sedangkan matematika memperoleh nilai 68,7 dengan prosentase ketuntasan 55%. Hal tersebut disebabkan oleh siswa yang jenuh dan acuh dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan tidak maksimal. Kemudian diadakan tindakan pembelajaran tematik subtema hidup rukun di sekolah dengan yang menggunakan model kooperatif tipe student team achievement division (STAD). Terjadi peningkatan hasil yang terlihat pada siklus 1 bahwa nilai rata-rata muatan PPKn adalah 70,2, sedangkan pada muatan matematika memperoleh nilai 70,3 dengan prosentase ketuntasan 65%. Selanjutnya hasil siklus II dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas muatan PPKn adalah 76,65, sedangkan pada muatan matematika memperoleh nilai 71,3 dengan prosentase ketuntasan 80%. Berdasar hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) dapat diterapkan dengan baik pada pelajaran subtema hidup rukun di sekolah pada siswa kelas 2 UPTD SDN Sepulu 4. Dan Hasil belajar tematik subtema hidup rukun di sekolah siswa kelas 2 UPTD SDN Sepulu 4 meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD). Oleh karena itu siklus dihentikan.

 

Published
2020-12-31
Section
Articles