Penerapan Pendekatan Pakem untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dan Minat Belajar Siswa Kelas 1 UPTD SDN Labuhan Sepulu Bangkalan Tahun 2018

  • Kahfiyati, S.Pd. UPTD SDN Labuhan Sepulu Bangkalan
Keywords: PAKEM, membaca, dan siswa kelas 1

Abstract

Berawal dari kondisi siswa kelas 1 UPTD SDN Labuhan Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan yang masih banyak mengalami kesulitan dalam belajar membaca. Masalah tersebut dikarenakan siswa kurang serius dalam mengikuti pembelajaran sehingga yang bisa membaca hanya 10 orang dari 20 jumlah siswa keseluruhan. Kemudian peneliti ingin mengembangkan media yang lebih menarik dan sesuai dengan pembelajaran membaca permulaan, yaitu menggunakan penerapan pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 yang masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas berjudul “Penerapan Pendekatan PAKEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Minat Belajar Siswa Kelas 1 UPTD SDN Labuhan Sepulu Bangkalan pada Tahun 2018”. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui bahwa penerapan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan minat belajar siswa kelas 1 UPTD SDN Labuhan Kecamatan Sepulu Bangkalan. Berdasarkan temuan awal, yaitu  sekitar sekitar 50% atau hanya 10 orang dari 20 jumlah siswa keseluruhan yang bisa membaca atau belum tuntas belajar. Namun setelah diadakan tindakan siklus I dan siklus II siswa dapat membaca permulaan dengan baik. Pada siklus I ditunjukkan sekitar 60% siswa tuntas belajar, sedangkan pada siklus II 90% siswa dapat membaca dengan baik atau tuntas belajar. Oleh karena itu pembelajaran dengan penerapan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan membaca permulaan siswa. Kemudian minat belajar siswa dalam pembelajaran membaca permulaan belum sepenuhnya fokus dalam belajar. Maka setelah diadakan tindakan siklus I dan II terlihat ada peningkatan dalam minat belajar. Hal tersebut dibuktikan dalam siklus I setiap kelompok mendapat nilai baik, sedangkan pada siklus II setiap kelompok mendapat nilai sangat baik. Karena terjadi peningkatan yang pesat, baik hasil belajar membaca permulaan maupun hasil setiap kelompok. Maka berdasarkan hasil tersebut siklus dihentikan. Kemudian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan minat belajar siswa kelas 1 UPTD SDN Labuhan Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan.

 

Published
2020-12-31
Section
Articles