Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Tema 4 Globalisasi Melalui Penggunaan Media Audio Visual Kelas VI UPTD SDN Tramok 2 Tahun Kecamat Kokop Kabupaten Bangkalan Pelajaran 2020/2021

  • Hayyan, S.Pd. UPTD SDN Tramok 2 Kokop Bangkalan
Keywords: Tema 4 globalisasi, media audio visual, dan siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada tema 4 globalisasi di kelas VI UPTD SDN Tramok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2020/2021. Sesuai dengan temuan awal, maka dilakukan pembelajaran menggunakan media audio visual. Penelitian dilakukan, karena penulis melihat minat belajar siswa terutama pada materi tema 4 globalisasi tergolong rendah, ini berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan media audio visual, maka minat belajar siswa pada materi tema 4 globalisasi terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I terlihat kolborator 1 memberi nilai 28 dan kolaborator 2 memberi nilai 28. Kemudian Hasil pengamatan aktivitas siswa dengan penerapan media audio visual pada siklus I terlihat kolborator 1 memberi nilai 28 dan kolaborator 2 juga memberi nilai 26. Kemudian pada siklus II ada peningkatan, yaitu dalam pengamatan keterampilan guru pada penerapan media audio visual pada siklus II memberi nilai 35 dan kolaborator 2 memberi nilai 37. Kemudian hasil tes siswa pada siklus I dalam pembelajaran tema 4 globasisasi dalam pembelajaran 1 dengan penerapan media audio visual terlihat 1 orang mendapat nilai 50, kemudian 6 orang mendapat 60, dan 6 orang mendapat 70, serta 2 orang mendapat nilai 80. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II yaitu terlihat 2 orang mendapat nilai 70, kemudian 5 orang mendapat 80, dan 7 orang mendapat 90. Dari deskripsi tersebut terlihat adanya peningkatan yang signifikan, karena hasil pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa meningkat. Hasil tes siswa juga terjadi peningkatan yang pesat. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat, juga penggunaan media audio visual dapat diterima siswa sehingga minat belajar siswa menjadi antusias dan meningkat. Maka dari hasil penelitian pembelajaran pada materi tema 4 globalisasi dari siklus I hingga siklus II menunjukkan minat belajar siswa secara keseluruhan dikategorikan sangat baik, oelh karena itu siklus  dihentikan.

 

 

Published
2021-02-13
Section
Articles