MENERAPKAN PROGRAM LITERASI (JURNAL MEMBACA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPTD SDN TRAMOK 1 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Mukarromah UPTD SD Negeri Tramok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

program literasi, hasil belajar, dan siswa kelas V

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran yang bertujuan mengembangkan pengetahuan
dan keterampilan setiap individu. Pembelajaran adalah suatu proses menjadikan manusia untuk
belajar. Membaca adalah kecakapan atau kecermatan yang dapat digunakan dalam mencerna
tulisan. Menulis merupakan keseluruhan rangkaian kegiatan seseorang dalam mengungkapkan
gagasan dan menyampaikan bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami dan dimengerti oleh
orang lain. Jurnal membaca dapat menjadi alat efektif untuk mengukur pemahaman siswa
terhadap bacaan yang telah dibaca serta mengembangkan keterampilan siswa dalam menulis. GLS
merupakan suatu upaya untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang
warganya literat sepanjang hayat. Berdasarkan observasi di UPTD SDN Tramok 1 bahwa hasil
belajar siswa kelas V pada saat Sumatif Tengah Semester (STS) diketahui rendah. Berdasarkan
temuan tersebut dilakukan penelitian berjudul “Menerapkan Program Literasi (Jurnal Membaca)
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SDN Tramok 1 Kokop Bangkalan”.
Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Hasil pelaksanaan siklus I memperoleh nilai rata-rata
70,2. Kemudian pada pelaksanaan siklus II memperoleh nilai rata-rata 79,4. Sementara itu,
ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72,7%, dan pada siklus II meningkat menjadi
90,9%. Berdasarkan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa program literasi (Jurnal
membaca) dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas V
UPTD SDN Tramok 1 Kokop Bangkalan pada tahun ajaran 2024/2025.

References

Combs, Martha. 1996. Development Competence Readers and Writers in The Primary

Grades. Englewood Cliff, N.J: Prentice Hall, Inc.

Ekayanto. 2011. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Quantum Learning Bagi

Siswa Kelas IV di SDN Sidomulyo 08 Kecamatan Silo Jember Semester Dua

Tahun 2011/2012. PTK Tidak Diterbitkan. Jember: SDN Sidomulyo 08.

Fudholi, A. N., & Nurhadi, A. (2023). Upaya Peningkatan Mutu Peserta didik melalui

Pengklasifikasian Kelas Berdasarkan Bakat dan Minat. JURNAL LENTERA:

Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 22(2), 231-241

Hendrika. 2020. Pengaruh program literasi terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SDN

Inpres Bera Kabupaten Tana Toraja. Jurnal KIP, IX(3), 31–37.

Kanusta, dkk. 2021. Implementasi Gerakan Literasi Minat Baca dan Hasil Belajar. Jurnal

Penelitian Dan Pendidikan, 15(2), 152–156.

Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah

(2nd ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Mitasari. 2017. Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan

Menulis Siswa Kelas Atas Di SDN Gumpang 1.Skripsi: Univesritas

Muhammadiyah Semarang.

Muchlison, Adib. 2012 Peningkatan Keaktifan Kerja Kelompok dengan Pendekatan

Keterampilan Proses Mata Pelajaran IPA bagi Siswa Kelas V SDN I Semanding

Kecamatan Pucanglaban Tulungagung. PTK Tidak diterbitkan. Tulungagung: SDN

I Semanding.

Murti, dkk. 2018. Hubungan antara kemampuan literasi informasi dengan prestasi belajar

siswa SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor.

Nasution, Noehi, dkk. 1995. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Fudholi, A. N., & Nurhadi, A. (2023). Upaya Peningkatan Mutu Peserta didik melalui

Pengklasifikasian Kelas Berdasarkan Bakat dan Minat. JURNAL LENTERA: Kajian

Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 22(2), 231-241.

Rosyid, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang : Literasi Nusantara .

Rusniasa, dkk. 2021. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil

Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri I Penatih. PENDASI:

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53–63.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Suandewi, dkk. 2019. Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) dengan Hasil Belajar

Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar.

Yohana Aurelia Nay. 2024. Gerakan LiterasiSekolah Sebagai UpayauntukMeningkatkan

Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDK Wolomeli. Copyright © 2024 The Author

(s) Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol.13,No. 1, Februari 2024. Vol. 13, No. 1,

Februari 2024ISSN 2302-1330 | E-ISSN 2745-4312.

Zainab Aqib & Ahmad Amrullah. 2018. PTK Penelitian Tindakan Kelas – Teori dan

Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles