PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MEDIA ASTA PADA SISWA KELAS IV DI UPTD SDN DUPOK 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Suhartini UPTD SDN Dupok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

motivasi belajar, media pembelajaran ASTA, PA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran
IPA di UPTD SDN Dupok 2 melalui penggunaan media pembelajaran ASTA (Abrasi Pantai). Latar
belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh minimnya
penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan ketergantungan pada buku ajar, sehingga
proses pembelajaran menjadi monoton dan kurang menarik. Penelitian ini menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media pembelajaran ASTA secara signifikan meningkatkan motivasi belajar
siswa. Pada tahap pra-siklus, 66,7% siswa memiliki motivasi rendah, sedangkan motivasi tinggi
hanya mencapai 3,3%. Setelah implementasi media ASTA hingga siklus II, persentase siswa
dengan motivasi rendah menurun menjadi 6,7%, sementara siswa dengan motivasi tinggi
meningkat menjadi 63,3%. Dengan demikian, media pembelajaran ASTA terbukti efektif dalam
meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih
menarik, interaktif, dan bermakna.

Author Biography

Suhartini, UPTD SDN Dupok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

fg

References

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. 2002. Instructional Media and

Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall.

Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kemmis, S., & McTaggart, R. 1988. The Action Research Planner. Deakin University

Press.

Moleong, Lexy. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional.

Kuningan: Goresan Pena

Nasution, Noehi, dkk. 1995. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles