MENINGKATKAN LITERASI FINANSIAL MELALUI KEGIATAN IMPLEMENTASI MODEL PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) PADA SISWA KELAS VI UPTD SDN BATOKOROGAN 2 TAHUN AJARAN 2024/2025KOKOP BANGKALAN

Authors

  • Faira Annisa Irman SDN Batokorogan 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

literasi finansial, model project-based learning

Abstract

Literasi finansial merupakan keterampilan esensial yang meliputi pengetahuan, sikap, dan perilaku
keuangan yang bertanggung jawab. Namun tingkat literasi finansial peserta didik SD kelas VI di
UPTD SDN Batokorogan 2 Kecamatan Kokop masih tergolong rendah. maka berdasarkan latar
belakang di atas, maka dilakukan penelitian berjudul ”Meningkatkan Literasi Finansial Melalui
Kegiatan Implementasi Model Project-Based Learning (PJBL) Pada Siswa Kelas VI UPTD SDN
Batokorogan 2 Kokop Bangkalan”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial
peserta didik sekolah dasar melalui penerapan Model Project-based Learning (PjBL). Penerapan
Model PjBL dianggap relevan karena menekankan pembelajaran berbasis proyek yang mendorong
keaktifan peserta didik dan pengembangan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan
desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data diperoleh
melalui observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan literasi finansial peserta didik dari siklus
I dengan nilai rata-rata 65 dan meningkat rata-rata 81 pada siklus II. Implementasi Model PjBL
pada siklus I memperoleh persentase keberhasilan sebesar 75% dalam kategori baik, namun belum
mencapai indikator keberhasilan penelitian (80%). Setelah dilakukan perbaikan, hasil pada siklus
II menunjukkan peningkatan signifikan dengan persentase keberhasilan mencapai 88% dalam
kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkanan bahwa Model
PjBL secara signifikan mampu meningkatkan literasi finansial peserta didik kelas VI UPTD SDN
Batokorogan 2 Kokop Bangkalan.

Author Biography

Faira Annisa Irman, SDN Batokorogan 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

fg

References

Atkinson, A., & Messy, F. A. 2012. Measuring financial literacy: Results of the

OECD/International Network on Financial Education (INFE) pilot study.

Arikunto, S. 2012. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astutik, P., & Hariyati, N. 2021. Peran guru dan strategi pembelajaran dalam penerapan

keterampilan abad 21 pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Inspirasi

manajemen pendidikan, 9(3), 619-638.

Bell, S. 2010. Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The clearing

house, 83(2), 39-43.

Berk, L. 2015. Child development. Pearson Higher Education AU.

Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A.

Motivating project-based learning: Sustaining the doing, supporting the

learning. Educational psychologist, 26(3-4), 369-398.

Boss, S., & Larmer, J. 2018. Project based teaching: How to create rigorous and engaging

learning experiences. ASCD.

Bradley-Levine, J., & Mosier, G. 2014. Literature review on project-based learning.

University of Indianapolis Center of Excellence in Leadership of Learning.

Condliffe, B. 2017. Project-Based Learning: A Literature Review. Working Paper. MDRC.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2017. Research design: Qualitative, quantitative, and

mixed methods approaches. Sage publications.

Helle, L., Tynjälä, P., & Olkinuora, E. 2006. Project-based learning in post-secondary

education–theory, practice and rubber sling shots. Higher education, 51, 287-314.

Hinton, P. R. 2004. Statistics explained second edition. USA & Canada: Routledge.

Hopkins, D. 2014. A teacher's guide to classroom research. McGraw-Hill Education (UK).

Kemmis, S., & McTaggart, R. 1988. The Action Research Planner Geelong: Deakin

University.

Klapper, L. F., Lusardi, A., & Van Oudheusden, P. 2015. Financial literacy around the

world: insights from the Standard & Poor's ratings services global financial literacy

survey.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. 2016. Project-based learning: A review of the

literature. Improving schools, 19(3), 267-277.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy:

Theory and evidence. American Economic Journal: Journal of Economic Literature,

(1), 5-44.

Mergendoller, J. R., & Thomas, J. W. 2005. Managing project based learning: Principles

from the field. Retrieved June, 14, 2005.

Mertler, C. A. 2024. Introduction to educational research. Sage publications.

Nurhadi, A., & Irfaida, I. (2018). Kerja Sama Kelembagaan Pada Madrasah Adiwiyata Di

Mts Negeri 2 Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education

Management), 1(2), 01-13

Nivrutti, K. N. 2024. Financial Literacy In Education: Building A Foundation Of

Economic Empowerment. Multidisciplinary Aspects of Education.

Piaget, J. 1972. The Psychology of the Child. New York: Basic Books.

PISA, O. (2018). Results: Are students smart about money? Volume IV.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles