MENANAMKAN BUDAYA GREEN SCHOOL DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH BERSIH DAN SEHAT DI SDN KOKOP 1 BANGKALAN
Keywords:
green school, kepala sekolah, dan sekolah bersih dan sehatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya green school dan tantangan serta peluang
kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah bersih dan sehat di SDN Kokop 1 Bangkalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa kepala sekolah SDN Kokop 1 Bangkalan dapat menanamkan budaya green
school dalam mewujudkan kebersihan dan sekolah sehat. Kepala sekolah juga dapat menjawab
tantangan, yaitu dapat bekerjasama yang baik dan mendapat peluang dukungan semangat dari
para stakeholder, diantaranya komite sekolah, tenaga pendidik, siswa, wali murid, dan masyarakat
dalam memenuhi dan mewujudkan sekolah bersih dan sehat, sehingga sekolah memperoleh
penghargaan sebagai sekolah bersih dan sehat serta masuk dalam kategori sekolah dengan sarana
prasarana yang nyaman dan lengkap.
Kata Kunci: , , .
References
DAFTAR PUSTAKA
Ariyanti, N. S., Adha, M. A., Imron, A., Sobri, A. Y., & Bafadal, I. 2020. School Relations
Strategy with the Community through the Utilization of Online Applications in the
Digital Era. 508(Icite), 93–97. https://doi.org/10.2991/assehr.k. 201214.2
Djafri, N. 2016. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen,
Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). deepublish.
Ekosiswoyo, R. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian
Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82. Retrieved from
http://journal.um.ac.id/index.php/jip/articl e/view/24/322.
Fudholi, A. N., & Nurhadi, A. (2023). Upaya Peningkatan Mutu Peserta didik melalui
Pengklasifikasian Kelas Berdasarkan Bakat dan Minat. JURNAL LENTERA: Kajian
Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 22(2), 231-241.
Giwangsa, A. 2021. Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Citra Positif
Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala
Sekolah/Madrasah. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.
Linggar, A. 2008. Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta:
Bumi Aksara.
Miles, M. B., Huberman, A. M. and Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis. (Fourth
Edi). USA: SAGE Publication.
Mubin, F., & Masruri, A. (2020). Tipe dan Gaya Kepemimpinan. 3(1).
https://doi.org/10.31219/osf.io/ntjy5
Mudjia, R. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya.
UNISMA, 87(1,2), 149–200. Retrieved from http://repository.uinmalang.ac.id/
/1/Studi-kasus-dalampenelitian-kualitatif.pdf.
Nurhadi, A., & Irfaida, I. (2018). Kerja Sama Kelembagaan Pada Madrasah Adiwiyata Di
Mts Negeri 2 Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education
Management), 1(2), 01-13.
Soltani-Nejad, N., Taheri-Azad, F., ZareiMaram, N., & Saberi, M. K. 2020. Developing a
Model for Identifying Antecedents and Consequences of User Satisfaction with
Digital Libraries. Aslib Journal of Information Management, 72 (6), pp. 979-997.
Dipetik 8 Desember,2020,daridoi:https://doi.org/10.1 108/AJIM-04-2020-0099
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sulistyani, E. 2019. Digital Quotient : Solusi Cerdas di Era Milenial. Dipetik 30
November, 2020, dari https://duta.co/digital-quotient-solusicerdas-di-era-milenial
Susanti, M. 2018. Transformasi Pustakawan dan Perpustakaan di Era Digital. AlMaktabah
:
Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan,, 3 (1).Dipetik 5 Desember, 2020,
dari,doi:http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v3i 1.1222.
Tjiptono, F. 2003. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.
Trihantoyo, S., & Haq, M. S. 2016. Utilization SliMS as Instructional Media to Improve
Student Skills in the Management of School Library. Jurnal Teknologi
Pendidikan,1(4). Dipetik 5 Desember, 2020, dari https://journal.unesa.ac.id/index.
php/jtp/art icle/view/1108.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
