MENANAMKAN BUDAYA GREEN SCHOOL DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH BERSIH DAN SEHAT DI SDN KOKOP 1 BANGKALAN

Authors

  • Aji Sukamto Sekolah UPTD SDN Kokop 1 Bangkalan

Keywords:

green school, kepala sekolah, dan sekolah bersih dan sehat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya green school dan tantangan serta peluang
kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah bersih dan sehat di SDN Kokop 1 Bangkalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa kepala sekolah SDN Kokop 1 Bangkalan dapat menanamkan budaya green
school dalam mewujudkan kebersihan dan sekolah sehat. Kepala sekolah juga dapat menjawab
tantangan, yaitu dapat bekerjasama yang baik dan mendapat peluang dukungan semangat dari
para stakeholder, diantaranya komite sekolah, tenaga pendidik, siswa, wali murid, dan masyarakat
dalam memenuhi dan mewujudkan sekolah bersih dan sehat, sehingga sekolah memperoleh
penghargaan sebagai sekolah bersih dan sehat serta masuk dalam kategori sekolah dengan sarana
prasarana yang nyaman dan lengkap.
Kata Kunci: , , .

Author Biography

Aji Sukamto, Sekolah UPTD SDN Kokop 1 Bangkalan

fg

References

DAFTAR PUSTAKA

Ariyanti, N. S., Adha, M. A., Imron, A., Sobri, A. Y., & Bafadal, I. 2020. School Relations

Strategy with the Community through the Utilization of Online Applications in the

Digital Era. 508(Icite), 93–97. https://doi.org/10.2991/assehr.k. 201214.2

Djafri, N. 2016. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen,

Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). deepublish.

Ekosiswoyo, R. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian

Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82. Retrieved from

http://journal.um.ac.id/index.php/jip/articl e/view/24/322.

Fudholi, A. N., & Nurhadi, A. (2023). Upaya Peningkatan Mutu Peserta didik melalui

Pengklasifikasian Kelas Berdasarkan Bakat dan Minat. JURNAL LENTERA: Kajian

Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 22(2), 231-241.

Giwangsa, A. 2021. Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Citra Positif

Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala

Sekolah/Madrasah. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.

Linggar, A. 2008. Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta:

Bumi Aksara.

Miles, M. B., Huberman, A. M. and Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis. (Fourth

Edi). USA: SAGE Publication.

Mubin, F., & Masruri, A. (2020). Tipe dan Gaya Kepemimpinan. 3(1).

https://doi.org/10.31219/osf.io/ntjy5

Mudjia, R. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya.

UNISMA, 87(1,2), 149–200. Retrieved from http://repository.uinmalang.ac.id/

/1/Studi-kasus-dalampenelitian-kualitatif.pdf.

Nurhadi, A., & Irfaida, I. (2018). Kerja Sama Kelembagaan Pada Madrasah Adiwiyata Di

Mts Negeri 2 Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education

Management), 1(2), 01-13.

Soltani-Nejad, N., Taheri-Azad, F., ZareiMaram, N., & Saberi, M. K. 2020. Developing a

Model for Identifying Antecedents and Consequences of User Satisfaction with

Digital Libraries. Aslib Journal of Information Management, 72 (6), pp. 979-997.

Dipetik 8 Desember,2020,daridoi:https://doi.org/10.1 108/AJIM-04-2020-0099

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulistyani, E. 2019. Digital Quotient : Solusi Cerdas di Era Milenial. Dipetik 30

November, 2020, dari https://duta.co/digital-quotient-solusicerdas-di-era-milenial

Susanti, M. 2018. Transformasi Pustakawan dan Perpustakaan di Era Digital. AlMaktabah

:

Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan,, 3 (1).Dipetik 5 Desember, 2020,

dari,doi:http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v3i 1.1222.

Tjiptono, F. 2003. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.

Trihantoyo, S., & Haq, M. S. 2016. Utilization SliMS as Instructional Media to Improve

Student Skills in the Management of School Library. Jurnal Teknologi

Pendidikan,1(4). Dipetik 5 Desember, 2020, dari https://journal.unesa.ac.id/index.

php/jtp/art icle/view/1108.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles