PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA JAM PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II MATERI WAKTU DAN DURASI
Keywords:
model talking stick, waktu dan durasi, siswa kelas IIAbstract
Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi waktu dan
durasi. Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya pemahaman siswa tentang waktu dan
durasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II yang berjumlah sebanyak 11 siswa.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian yang telah dilakukan, diketahui presentase
hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran talking stick berbantuan media jam
pintar yaitu sebesar 36,4% siswa yang tuntas, sedangkan presentase keberhasilan setelah
menerapkan model pembelajaran taling stick berbantuan media jam pintar pada siklus I yaitu
diperoleh sebesar 63,6% dan pada siklus II mencapai 81,8% siswa yang tuntas pada materi waktu
dan durasi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking
stick berbantuan jam pintar di kelas II UPTD SDN Kokop 3 dapat meningkatkan pemahaman
siswa dalam materi waktu dan durasi.
References
Amir, A. 2014. Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif.
Forum Paedagogik, 1(1).
Fadli, M., Ifadhah, H., & Nurhadi, A. (2023, May). The Rule Of Headmaster In Improving
Teacher Pedagogy Competence At Smps Assalamiyah Omben. In Proceeding Of
International Conference On Education, Society And Humanity (Vol. 1, No. 1, pp.
-999).
Hidayat, R. 2019. Ilmu Pendidikan konsep, teori dan aplikasinya. medan: Lembaga Peduli
Pengembangan pendidikan indonesia (LPPI).
Kurniati, Y., & Kisworo, B. 2023. Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick pada
Kursus Bahasa Korea di LPK Master Korea Cilacap. Jurnal Cendekiawan Ilmiah
PLS, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1
Muchtar, F., & Sahabuddin, E. S. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas V UPT SPF SD Inpres Unggulan
Toddopuli Makassar. Jurnal Metafora Pendidikan (JMP), 1(1), 81–87.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional.
Kuningan: Goresan Pena
Nur, Muhammad dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unipress UNESA.
Rahmah, N. 2021. Perencanaan Pembelajaran di Sekolah: Teori dan Implementasi.
Paradina Pustaka.
Sadiah, R.U., Suspandi., & Kiswoyo. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick
Berbantu Media Papegi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah
Dasar, 3(3),286-292.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pndidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D, dan
penelitian pendidikan):bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:
AR-RUZZ Media.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.