PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM TERHADAP MATERI SIFAT DAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS VI UPTD SDN LEMBUNG GUNONG 1 KOKOP BANGKALAN
Keywords:
Hasil belajar, pendekatan STEM, sifat dan wujud bendaAbstract
Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan bangsa yang berkelanjutan.
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di
sekolah dasar hingga tingkat menengah yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan siswa
tentang alam sekitar dan fenomena yang terjadi di dalamnya. Materi wujud benda, sebagai salah
satu topik dalam kurikulum ilmu pengetahuan alam, menawarkan peluang untuk memperkenalkan
integrasi konsep fisika, kimia, dan teknologi secara sederhana dan bermakna. Maka, salah satu
pendekatan yang dapat menjawab tantangan adalah Science, Technology, Engineering, and
Mathematics (STEM). Oleh karena itu, peneliti ingin meningktakan hasil belajar dan keaktifan
siswa melaalui pendekatan STEM, maka penelitian ini berjudul ”Peningkatan Hasil Belajar
Menggunakan Pendekatan STEM Terhadap Materi Sifat dan Wujud Benda Pada Siswa Kelas VI
UPTD SDN Lembung Gunong 1 Kokop Bangkalan”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas VI UPTD SDN Lembung Gunong 1 pada materi wujud benda. Metode
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap:
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil evaluasi yang melaui tes tulis pada siklus
1 diketahui bahwa terdapat sejumlah 22 siswa mendapat nilai rata-rata 65,4 dengan persentase
ketuntasan 50% tuntas, sedangkan pada siklus 2 diketahui bahwa sejumlah 22 siswa mendapat
nilai rata-rata 76,8 dengan persentase ketuntasan 91% tuntas. Sedangkan target keberhasilannya
sebesar 75%. Maka penelitian ini dianggap sudah memenuhi target keberhasilan dan dianggap
telah selesai, karena telah melebihi target. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
pendekatan STEM mampu meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan aktif siswa, dan hasil
belajar secara signifikan. Pendekatan STEM memberikan pengalaman belajar yang interaktif,
aplikatif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi strategi yang efektif untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran.
References
Azizah.
Pentingnya
penelitian
tindakan
kelas
bagi
dalam
pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3 (1),
-22.
guru
Davidi, dkk. 2021. Integrasi pendekatan STEM (science, technology, enggeenering and
mathematic) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 11 (1), 11-22.
Fudholi, A. N., & Nurhadi, A. (2023). Upaya Peningkatan Mutu Peserta didik melalui
Pengklasifikasian Kelas Berdasarkan Bakat dan Minat. JURNAL LENTERA: Kajian
Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 22(2), 231-241.
Hendracipta, 2016. Menumbuhkan sikap ilmiah siswa sekolah dasar melalui pembelajaran
ipa berbasis inkuiri.JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar),2(1), 109-116.
Liu, Y., et al. 2023. Industry-school partnerships in STEAM education: Bridging the gap
between theory and practice. International Journal of STEAM Education, 7 (1), 45
Nurfitriani, dkk. 2024. Efektivitas Pendekatan Kontekstual, Open-Ended, dan STEM
dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Systematic Literature
Review. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2),
-776.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional.
Kuningan: Goresan Pena
Rahmadani, Sulistiyani Puteri. 2019. Konsep Dasar IPA. Depok:Yayasan Yiesa Rich.
Ridlo. 2020. Pembaharuan Pendidikan Islam Multikulturalis. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan
dan Pranata Islam, 11(1), 79–104. https://doi.org/10.51849/ig.v2i1.17.
Saregar, dkk. 2017. “Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Ditinjau Dari Sikap Ilmiah:
Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis.” Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fisika Al-Biruni 6(2): 255–263. doi: 10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2181.
Sumarni. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan
Pembelajaran PPKn Materi Mewujudkan Semangat dan Komitmen Kebangsaan
dalam Kehidupan Kelas VIII. PTK tidak diterbitkan.
Suprayekti. 2004. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta. Dekdiknas RI Wardani. I. G. A. K,
dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.
Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Syafitri, dkk. 2021. Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Science and Social
Research, 3, 320–325. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR.
Wang, X., & Lee, S. (2022). Bridging the resource gap: A study on resource accessibility
in STEAM education. Journal of STEM Innovation and Practice, 9(3), 121-138.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.