PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM TERHADAP MATERI SIFAT DAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS VI UPTD SDN LEMBUNG GUNONG 1 KOKOP BANGKALAN

Authors

  • Hendi Yochanan UPTD SDN Lembung Gunong 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

Hasil belajar, pendekatan STEM, sifat dan wujud benda

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan bangsa yang berkelanjutan.
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di
sekolah dasar hingga tingkat menengah yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan siswa
tentang alam sekitar dan fenomena yang terjadi di dalamnya. Materi wujud benda, sebagai salah
satu topik dalam kurikulum ilmu pengetahuan alam, menawarkan peluang untuk memperkenalkan
integrasi konsep fisika, kimia, dan teknologi secara sederhana dan bermakna. Maka, salah satu
pendekatan yang dapat menjawab tantangan adalah Science, Technology, Engineering, and
Mathematics (STEM). Oleh karena itu, peneliti ingin meningktakan hasil belajar dan keaktifan
siswa melaalui pendekatan STEM, maka penelitian ini berjudul ”Peningkatan Hasil Belajar
Menggunakan Pendekatan STEM Terhadap Materi Sifat dan Wujud Benda Pada Siswa Kelas VI
UPTD SDN Lembung Gunong 1 Kokop Bangkalan”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas VI UPTD SDN Lembung Gunong 1 pada materi wujud benda. Metode
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap:
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil evaluasi yang melaui tes tulis pada siklus
1 diketahui bahwa terdapat sejumlah 22 siswa mendapat nilai rata-rata 65,4 dengan persentase
ketuntasan 50% tuntas, sedangkan pada siklus 2 diketahui bahwa sejumlah 22 siswa mendapat
nilai rata-rata 76,8 dengan persentase ketuntasan 91% tuntas. Sedangkan target keberhasilannya
sebesar 75%. Maka penelitian ini dianggap sudah memenuhi target keberhasilan dan dianggap
telah selesai, karena telah melebihi target. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
pendekatan STEM mampu meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan aktif siswa, dan hasil
belajar secara signifikan. Pendekatan STEM memberikan pengalaman belajar yang interaktif,
aplikatif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi strategi yang efektif untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Azizah.

Pentingnya

penelitian

tindakan

kelas

bagi

dalam

pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3 (1),

-22.

guru

Davidi, dkk. 2021. Integrasi pendekatan STEM (science, technology, enggeenering and

mathematic) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 11 (1), 11-22.

Fudholi, A. N., & Nurhadi, A. (2023). Upaya Peningkatan Mutu Peserta didik melalui

Pengklasifikasian Kelas Berdasarkan Bakat dan Minat. JURNAL LENTERA: Kajian

Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 22(2), 231-241.

Hendracipta, 2016. Menumbuhkan sikap ilmiah siswa sekolah dasar melalui pembelajaran

ipa berbasis inkuiri.JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar),2(1), 109-116.

Liu, Y., et al. 2023. Industry-school partnerships in STEAM education: Bridging the gap

between theory and practice. International Journal of STEAM Education, 7 (1), 45

Nurfitriani, dkk. 2024. Efektivitas Pendekatan Kontekstual, Open-Ended, dan STEM

dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Systematic Literature

Review. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2),

-776.

Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional.

Kuningan: Goresan Pena

Rahmadani, Sulistiyani Puteri. 2019. Konsep Dasar IPA. Depok:Yayasan Yiesa Rich.

Ridlo. 2020. Pembaharuan Pendidikan Islam Multikulturalis. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan

dan Pranata Islam, 11(1), 79–104. https://doi.org/10.51849/ig.v2i1.17.

Saregar, dkk. 2017. “Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Ditinjau Dari Sikap Ilmiah:

Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis.” Jurnal Ilmiah Pendidikan

Fisika Al-Biruni 6(2): 255–263. doi: 10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2181.

Sumarni. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan

Pembelajaran PPKn Materi Mewujudkan Semangat dan Komitmen Kebangsaan

dalam Kehidupan Kelas VIII. PTK tidak diterbitkan.

Suprayekti. 2004. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta. Dekdiknas RI Wardani. I. G. A. K,

dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Syafitri, dkk. 2021. Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Science and Social

Research, 3, 320–325. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR.

Wang, X., & Lee, S. (2022). Bridging the resource gap: A study on resource accessibility

in STEAM education. Journal of STEM Innovation and Practice, 9(3), 121-138.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles