PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM MATERI MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH DI SDN LEMBUNG GUNONG 2 TAHUN 2023/2024

Authors

  • Qidam SDN Lembung Gunong 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

model kooperatif tipe jigsaw, siswa kelas V

Abstract

Kegiatan pembelajaran dibuat untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui hubungan antar siswa dengan guru dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Adapun Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan mata pelajaran yang sangat penting dan bisa dipisahkan dengan mata pelajaran lain. Tujuan Pendidikan agama Islam adalah untuk mengembangkan budi pekerti dan akhlak peserta didik. Model pembelajaran adalah setiap kegiatan yang dipilih untuk memberikan bantuan kepada siswa menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu. Belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya hubungan antara individu dengan lingkungan. Keberhasilan siswa dalam menguasai konsep tergantung pada guru pengajar. Peran guru sangat penting terhadap hasil belajar siswa. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih banyak permasalahan. Hasil dari pengamatan peneliti selaku guru di SDN Lembung Gunong 2 Kecamatan Kokop, dalam proses pembelajaran masih terdapat banyak masalah yang timbul sehingga hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan uraian diatas, maka perlu adanya perbaikan metode dalam proses belajar mengajar di kelas. Kemudian peneliti mengajukan penggunaan pembelajaran Koopratif Tipe Jigsaw. Adapun hasil pembahasan, maka dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dalam penggunaan model kooperatif tipe jigsaw, baik pada siklus I maupun siklus II. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil pengamatan dan penilaian. Yang mana sebelum penggunaan model kooperatif tipe jigsaw hasil belajar siswa hanya dicapai dengan sebesar 31% siswa yang tuntas belajar. Kemudian setelah dilakukan penerapan model kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar siswa meningkat pada siklus I yaitu dicapai dengan sebesar 63% siswa mengalami peningkatan. Selanjutnya pada siklus II meningkat dengan signifikan, yaitu sebesar 100% siswa tuntas belajar. Maka dengan demikian model kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan sebagai pelaksanaan pembelajara PAI (Pendidikan Agama Islam) kela V di SDN Lembung Gunong 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan.

 

Kata kunci: , , .

References

Ekayanto, Rachmad. 2011. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Quantum Learning Bagi Siswa Kelas IV di SDN Sidomulyo 08 Kecamatan Silo Jember Semester Dua Tahun 2011/2012. PTK tidak Diterbitkan.

Frida Rahim. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Gatot, Muhsetyo dkk. 1992. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

H.M. Arifin. 1993. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2016. Cooperative Learning : Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Joula Ekaningsih. 1998. Agar Anak Pintar Matematika. Jakarta: Puspa Swara.

Majid, Abdul . 2013. Strategi Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya.

Muchlison, Adib. 2012 Peningkatan Keaktifan Kerja Kelompok dengan Pendekatan Keterampilan Proses Mata Pelajaran IPA bagi Siswa Kelas V SDN I Semanding Kecamatan Pucanglaban Tulungagung. PTK Tidak diterbitkan. Tulungagung: SDN I Semanding.

Nurhadi, A., & Inayati, M. (2024). The Urgency of Education and Training Approaches and Methods for PAI Teacher Professionalism in the Era of Society 5.0. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 7(1), 1121-1137.

Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan: Goresan Pena.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhartiningsih. 2012. Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. PTK Tidak diterbitkan. Tulungagung: SDN 1 Wates.

Sutratinah Tirtonegoro. 2011. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Usaha Nasional. Surabaya.

Utari Pangestuti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII Di SMP Negeri 10 Semarang. Skripsi : Untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles