ANALISIS KEGIATAN MEMBATIK TERHADAP KREATIVITAS DALAM PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA

Authors

  • Lailiyatul Lutfiah SDN Lembung Gunong 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

Kreativitas, peserta didik kelas IV

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan kreativitas peserta didik kelas IV dalam
penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Lembung Gunong 2. Lingkungan
sekolah SDN Lembung Gunong 2 merupakan lingkungan terdekat dengan para pengrajin batik,
karena salah satu mata pencaharian masyarakat adalah membatik. Batik yang dihasilkan oleh
masyarakat Desa Lembung Gunong memiliki motif dan ciri khas tersendiri. Kearifan local yang
dimiliki oleh masyarakat perlu untuk diperkenalkan kepada para peserta didik agar mereka dapat
melestarikan dan mengembangkan batik tersebut. Pengembangan projek penguatan profil pelajar
pancasila dengan tema kearifan lokal karya masyarakat dengan menjelajah ragam batik desa
lembung gunong, diharapkan peserta didik mampu mengembangkan kreativitas dan melestarikan
batik tulis Desa Lembung Gunong dengan salah satu upaya belajar membatik. Kearifan lokal
merupakan tema kedua dalam pelaksanaan P5. Tema Kearifan Lokal melalui kegiatan membatik
dilaksanakan pada bulan Januari-April. Metode atau pendekatan penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pada tahap sebelum diadakan program P5
perkembangan kreativitas pada peserta didik kelas IV SDN Lembung Gunong 2 masih berada
pada kategori BB (Belum Berkembang), terlihat dari nilai persentase antara 0-25%. Dengan
rata-rata persentasenya masih dibawah 25%. Sedangkan setelah pelaksanaan program P5 dengan
tema membatik mendapatkan rata-rata peningkatan kreativitas peserta didik mencapai 31-40%
dengan setiap indicator mengalami peningkatan dari sebelumnya. Rata-rata perkembangan
kreativitas peserta didik yaitu 38% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB). Berdasarkan
perolehan data kualitatif, penelitian ini menunjukkan bahwa membatik ecoprint terbukti dapat
meningkatkan kreativitas pada peserta didik kelas IV SDN Lembung Gunong 2 Kecamatan Kokop
tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah memenuhi kriteri
keberhasilan, yaitu 38% dari 14 anak, terdapat 10 anak mencapai tingkat perkembangan
kreativitas.

References

Ahmad, Shaleh Nazili. 2011. Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media

Andriani. S. Dkk. 2022. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : Sebuah Orientasi Baru

Pendidikan dalam meningkatkan Karakter Peserta didik Indonesia. Jurnal Basicedu

Nomor 4 Volume 6. Hal 7079-7080.

Aan Komariah dan Djam’an Satori. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

Alfabeta.

Jurnal Pendidikan & Pembelajaran

ISSN 2477-3077

JURNAL PENDIDIKAN & PEMBELAJARAN

JPP

Kokop

Astini, Windi. 2021. Perancangan Pusat Kreativitas Anak (Pendekatan Arsitektur

Perilaku). (https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17742, 09 Juli 2024).

Bereczki. 2016. Mapping creativity in the hungarian national core curriculum: a content

analysis of the overall statements of intent, curricular ares and education levels.

Daniel Zuchron. 2021. Tunas Pancasila.Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal

PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan

Teknologi.

Husnul Amin, “Proses Pendidikan/Pembelajaran,” Raudhah Proud To Be Professionals?:

Jurnal Tarbiyah Islamiyah 3, no. 1 (17 Juni 2018): 21

Kemendikbudristek. 2022. Buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar

Pancasila.

Mambarasi Nehe. 2021. Analisis Konsep Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Masa Pandemik di STKIP Setai

Budhi Rangkangbitung 2021.

Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional.

Kuningan: Goresan Pena.

Nurhadi, A. (2016). Peran Ibu Dalam Menumbuhkan Karakter dan Kepribadian

Anak. Jurnal Pendidikan LPPM STKIP-PGRI Sampang, 2(2), 91-98.

Perry & Collier. 2018. What counts as creativity in education? An inquiry into the

intersections of public, political, and policy discourses. Canadian Journal Of

Education, Vol. 41 Issue 1, P24-43. 20p.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak. Jakarta . Depdiknas.

Sugiyono. 2014. Metode Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles