PENERAPAN KARPODI (KARTU POIN DISIPLIN) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VI DI UPTD SD NEGERI MANOAN 3 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Moh Ubaydillah Zd UPTD SDN Manoan 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

Kedisiplinan dan Media Kartu Poin

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VI UPTD SDN Manoan 3
Kecamatan Kokop melalui media kartu poin secara berkelompok. Penelitian ini termasuk
penelitian tindakan kelas dengan alur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis.
Kedisiplinan menerangkan adanya Tindakan yang sejalan dengan tata tertib atau aturan yang
berlaku untuk menjangkau tujuan yang diharapkan. Media yang digunakan dalam meningkatkan
kedisiplinan tersebut dilakukan melalui media kartu poin. Penelitian dilakukan pada bulan
September dengan subjek penelitian berjumlah 28 peserta didik. Hasil dari penelitian tersebut
didapat peningkatan kedisiplinan pada diri peserta didik dari yang semula 68% menjadi 93%.
Sehingga dapat dipastikan jika media kartu poin dapat digunakan sebagai media di dalam
pembelajaran dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik.

References

Ahmad RofiqidanUsman. 2020. Manajemen Strategi Guru dalam Menumbuhkan

Kesadaran Siswa Untuk Mempertahankan Program Adiwiyata di MTs Negeri

Pamekasan. p-ISSN 2654-7295 e-ISSN 2655-5700

re-JIEM/Vol. 3No.2December2020DOI10.19105/re-jiem.v3i2.4249.

Benyamin, Priskilla Issak “Media Pembelajaran Kartu Poin dalam Meningkatkan Minat

Belajar dan Kedisiplinan Siswa pada Pembelajaran PAK” Jurnal Pengabdian

kepada Masyarakat, 2023.

Jurnal Pendidikan & Pembelajaran 85 ISSN 2477-3077

JURNAL PENDIDIKAN & PEMBELAJARAN

JPP

Kokop

Juhri, M., Nurlaili, Z., & Nurhadi, A. (2023). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality

Management/TQM). JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan

Teknologi, 22(2), 171-178.

Mahfud Shalahuddin. 1986. Media Pendidikan Agama. Bandung : Bina Islam.

Meilinda, Cici. “Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Iii Sd Melalui Media Reward”.

Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2023.

Muhamad Afandi, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode

Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Unissula Press.

Muhibbin Syah. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional.

Kuningan: Goresan Pena.

Oemar Hamalik. 1989. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya.

Prijodarminto. (2004). Disiplin: Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Paramita.

Rahardian Okta Pratama, Lindawati Kartika, dan Andita Sayekti. 2018. “Analisis

Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Prestasi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi,”

Perspektif Ilmu Pendidikan 32, no. 2 (2018): 153–63, https://doi.org/10.21009

/pip.322.8.

Rahman (2011). Kedisiplinan Dalam Pendidikan. Salatiga: Widya Sari.

Sa'adah, H., & Nurhadi, A. (2020). Problem Kedisiplinan Mahasiswa Program Studi

Manajemen Pendidikan Islam Dalam Kuliah Daring Menghadapi Pandemik

Corona Virus Desease-2019 Di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri

Madura. re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 3(2),

-142.

Siregar, Irma Suryani. “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Kedisiplinan Siswa

Kelas VII SMPN 1 Karimun”. Skripsi, Universitas Meda Area, 2021.

Sri Utami (2013). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Konsep Bangun Datar Melalui

Model Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas IIIB SDN Tanen

Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun 2013. PTK Tidak

Diterbitkan. Tulungagung: SDN Tanen.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles