PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI UPTD SDN TRAMOK 1 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN
Keywords:
model pembelajaran TGT, hasil belajar, siswa kelas VAbstract
Hasil belajar siswa yang tidak tuntas KKM pada materi perkalian desimal di UPTD SDN Tramok
1 menjadi salah satu permasalahan yang disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa dalam
proses pembelajaran, kurangnya keaktifan siswa sehingga berdampak pula pada hasil belajar
siswa yang tidak tuntas KKM. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab dari kurangnya respon
siswa terhadap pelajaran matematika yang dianggap sulit. Untuk menghadapi masalah tersebut,
maka diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan antusias siswa sehingga siswa
dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model yang dapat meningkatkan
antusias siswa dalam kegiatan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Team Games Tournament (TGT). Dalam penerapan model Team Games Tournament, siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran karena model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat menjadi
alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa dalam belajar. Dari hasil observasi
diperoleh sebanyak 17 siswa (26,08 %) tidak tuntas KKM dan sebanyak 6 siswa (26,08%) tuntas
KKM. Setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT mengalami peningkatan pada
siklus pertama, yakni sebanyak 12 siswa (52,17%) tuntas KKM sedangkan 11 siswa (47,82 %)
tidak tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus II terdapat juga peningkatan persentase keberhasilan
siswa tuntas KKM yakni sebanyak 21 siswa (91,3 %) tuntas KKM. Adanya peningkatan hasil
belajar pada siklus I dan siklus II sehingga siklus dihentikan. Maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di UPTD SDN Tramok 1 Kecamatan Kokop.
References
Jakarta : Rieneka Cipta.
Arikunto, S. Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Gava Media.
Ekayanto, Rachmad. 2011. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Quantum
Learning Bagi Siswa Kelas IV di SDN Sidomulyo 08 Kecamatan Silo Jember
Semester Dua Tahun 2011/2012. PTK Tidak Diterbitkan. Jember: SDN Sidomulyo
08.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan
: Goresan Pena.
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Bandung : PT Mulia Mandiri Press.
Susanto, Handri. 2012. Penggunaan Alat Peraga M2KB Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SDN I Bungur Kecamatan
Karangrejo Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian
Tindakan Kelas Tidak Diterbitkan. Tulungagung: SDN I Bungur.
Udin S. Winataputra, dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan
Universitas Terbuka.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zainab Aqib & Ahmad Amrullah. 2018. PTK Penelitian Tindakan Kelas – Teori dan
Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Ahmadi & Syafaah. (2022). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA STUDI PEMIKIRAN HARUN NASUTION. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 5(2), 1-23.