PENGGUNAAN PAPAN PEMBAGIAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS II TENTANG PEMBAGIAN BILANGAN CACAH
Keywords:
Media Papan Pembagian, Bilangan Cacah, siswa kelas IIAbstract
Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menentukan hasil
pembagian dari dua bilangan cacah. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya pemahaman siswa
terhadap konsep pembagian dalam menetukan hasil pembagian dari dua bilangan cacah. Subjek
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II yang berjumlah sebanyak 13 siswa. Berdasarkan hasil
yang diperoleh dalam penelitian yang telah dilakukan, diketahui presentase hasil belajar siswa
sebelum menerapkan papan pembagian yaitu sebesar 38,5% siswa yang tuntas, sedangkan
presentase keberhasilan setelah menerapkan papan pembagian pada siklus I yaitu diperoleh
sebesar 69,2% dan pada siklus II mencapai 84,6% siswa yang tuntas pada materi menetukan hasil
pembagian dari dua bilangan cacah. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan
papan pembagian di kelas II UPTD SDN Kokop 3 dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam
menentukan hasil pembagian dua bilangan cacah.
References
Seminar Pendidikan.
Hamdani, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Musfiqon, 2011. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi
Pustakaraya.
Mustika Weni, dkk. Meningkatkan Kemampuan Menghitung dengan Media Papan Hitung
pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Petir 2 Kota Tangerang. Masaliq, 3(5), 741-749.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan
: Goresan Pena.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.: Alfabeta.
Sri Utami (2013). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Konsep Bangun Datar Melalui
Model Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas IIIB SDN Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun 2013. PTK Tidak
Diterbitkan. Tulungagung: SDN Tanen.
Wardhani, Igak dan Wihardit, Kuswaya, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Sri Lestari. (2013). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika tentang Perkalian Melalui
Batang Napier pada Siswa Kelas IIIB SDN Kembangbilo I Kecamatan Tuban
Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2013/2014. PTK Tidak Diterbitkan. Tuban: SDN
Kembangbilo I.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Ahmadi & Syafaah. (2022). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA STUDI PEMIKIRAN HARUN NASUTION. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 5(2), 1-23.