PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI METAMORFOSIS HEWAN PADA SISWA KELAS IV UPTD SDN TLOKOH 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN
Keywords:
Media pembelajaran, Powerpoint interaktif, Hasil belajarAbstract
Pada era digitalisasi ini guru dituntut untuk melek ilmu teknologi (IT) serta inovatif dalam
penggunaan media pembelajaran. Sehingga siswa tidak ketinggalan zaman dan aktif dalam
penggunaan media pembelajaran. Proses pembelajaran bisa dikatakan berhasil, jika seorang guru
mampu melibatkan siswa aktif dalam setiap aspek kegiatan, keberhasilan terasa lebih lengkap, jika
hasil belajar siswa dapat memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Akan tetapi
kenyataan di lapangan tidak demikian. Berbagai permasalahan pembelajaran sering dialami oleh
guru. Berdasarkan pengalaman selama melakukan proses pembelajaran maka dapat disimpulkan
bahwa kondisi siswa kelas IV di UPTD SDN Tlokoh 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran IPA adalah kurang aktif, kurang bekerja sama
kurang berani mengeluarkan ide atau pendapat. Berdasarkan fenomena tersebut, maka dilakukan
suatu kegiatan penelitian berjudul “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint
Interaktif Pada Materi Metamorfosis Hewan Pada Siswa Kelas IV UPTD SDN Tlokoh 2
Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan”. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat
peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media powerpoint interaktif. Hal ini dapat
dilihat dari sebelum dan sesudah penggunaan media powerpont interaktif. Yaitu sebelum
menggunakan media pembelajaran powerpoint interaktif diketahui sebanyak 5 siswa atau 25%
sudah mencapai ketuntasan dari 20 siswa jumlah keseluruhan. Kemudian pada pelaksanaan siklus
1 meningkat, yaitu diketahui bahwa sejumlah 11 atau 55% siswa memenuhi nilai KKM atau tuntas
belajar. Sedangkan hasil dalam pelaksanaan siklus 2 diketahui bahwa sejumlah 17 atau 85% siswa
tuntas belajar. Maka dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran powerpoint
interaktif dapat meningkatkan hasil belajar materi “Metamorfosis Hewan” pada siswa kelas IV
UPTD SD Negeri Tlokoh 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Selanjutnya, berdasarkan
hasil tersebut dapat sarankan bahwa guru dapat menerapkan media pembelajaran powerpoint
interaktif dalam mata pelajaran IPA. Guru diharapkan juga dapat mengoptimalkan pembelajaran
dengan mempertimbangkan penggunaan model ataupun media pembelajaran yang tepat.
Kemudian guru juga harus melakukan refleksi terhadap pembelajaran dan melakukan tindakan
perbaikan sehingga tujuan pembelajaran yang hendak dicapai terwujud.
References
Degeng, I.N.S. 1997. Penulisan Bahan Ajar: Modul Pembelajaran dalam Pelatihan Staf,
Guru, dan Karyawan Sekolah Ciputra Surabaya. Surabaya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Mardhiah, A., dan Akbar, S. A. (2018) Efektivitas Media Pembelajaran terhadap Hasil
Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan
: Goresan Pena.
Nurhadi, A., & Ulandari, D. (2022). MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER
DISIPLIN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL QULUB
POLAGAN PAMEKASAN.
Peraturan Menteri PAN RB Nomor 16 Tahun 2009.
Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh
Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 363-374.
Sahalessy, A. 1998. Masalah-masalah Belajar Abad 21: Tinjauan Pendayagunaan
Teknologi Informasi. Jurnal Teknologi Pembelajaran: teori dan Penelitian, 6 (1):11-
12.
Semiawan, Conny, dkk. 1990. Pendekatan Ketrampilan Proses (Bagaimana Mengaktifkan
Siswa Dalam belajar?). Jakarta: PT Gramedia.
Sukmawati, Ika Dewi. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif
Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SDN Pekanbaru. Universitas
Islam Riau. Pekanbaru.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
Bumi Aksara.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Ahmadi & Syafaah. (2022). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA STUDI PEMIKIRAN HARUN NASUTION. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 5(2), 1-23.