PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KEBERAGAMAN BUDAYA (WAGAYA) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV UPTD SDN DUPOK 2 KOKOP BANGKALAN

Authors

  • Yeny Damayanti Bariroh UPTD Sekolah Dasar Negeri Dupok 2 Kokop

Keywords:

Minat Belajar Peserta didik, Media Pembelajaran WAGAYA

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah rendahnya minat belajar peserta didik kelas IV di UPTD
SDN Dupok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan dalam mengenal keberagaman budaya di
Indonesia. Permasalahan terjadi akibat proses pembelajaran yang selalu monoton dan sering
menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat
belajar peserta didik kelas IV dalam mengenal keberagaman budaya di Indonesia. Subyek
penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sebanyak 25 orang. Hasil dari penelitian ini yakni
adanya peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas pada kemampuan memahami materi
keberagaman budaya yang awalnya saat dilakukan pre test 36% dan saat dilakukan post test
menjadi 72%.

References

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta. : Rajawali Pers.
Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai
Pustaka.
Depdikbud.1982. Pentingnya Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta
didik di Sekolah Dasar : Jakarta.
Hamalik, Oemar. 1990. Sistem Intership Kependidikan Teori dan Praktek. Bandung :
Mandar Maju.
Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan. Ciputat. Gaung Persada Press.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan
: Goresan Pena.
Nurhadi, A., & Ulandari, D. (2022). MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER
DISIPLIN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL QULUB
POLAGAN PAMEKASAN.
Poerbakawatja, Soeganda dan Harahap. 2012. Ensiklopedia Pendidikan, Cet. III. Jakarta :
Gunung Agung.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Prenada Media
Trianto. 2011. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Apandi, Idris. 2018. Teknik Menulis “Best Practice” bagi Pendidik dan Tenaga
Kependidikan.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Ahmadi & Syafaah. (2022). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA STUDI PEMIKIRAN HARUN NASUTION. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 5(2), 1-23.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles