PENINGKATAN MINAT BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN KEGIATAN ICE BREAKING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI UPTD SDN TLOKOH 1 KOKOP BANGKALAN

Authors

  • Naufal Yusuf UPTD SD Negeri Tlokoh 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

Model Pembelajaran Make a match, Ice Breaking, Minat belajar

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk memperoleh pengetahuan dan menambah
serta memperluas wawasan. Dalam Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional diketahui bahwa tujuan dari pendidikan nasional dan pendidikan di lingkup sekolah
dasar yaitu untuk mewujudkan kondisi belajar dan proses kegiatan pembelajaran yang bertujuan
supaya peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi pada dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya sendiri dan juga masyarakat dalam berbangsa dan
bernegara. Untuk mengetahui tujuan itu sudah tercapai kita dapat mengetahuinya berdasarkan
nilai hasil belajar atau ketuntasan belajar peserta didik. Agar hasil belajar yang dicapai peserta
didik tinggi dan tuntas maka guru harus bisa menarik minat peserta didik untuk terus semangat
dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru yaitu dengan
menerapkan model pembelajaran Make A Match dan kegiatan Ice Breaking dalam pembelajaran,
hal tersebut merupakan cara yang digunakan dalam mengatasi permasalahan pembelajaran yang
terjadi di kelas VI SD Negeri Tlokoh 1 Kokop Bangkalan. Berdasarkan hasil dari analisis data
angket minat belajar peserta didik setelah dilakukan tindakan pada siklus I minat belajar peserta
didik menjadi meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan dari rata-rata hasil
angket yang diperoleh pada saat prasiklus rata-rata bernilai 13,75 dengan kriteria minat belajar
peserta didik rendah. Sedangkan setelah dilakukan siklus I diperoleh nilai rata-rata angket minat
belajar peserta didik adalah 27 dengan kriteria minat belajar peserta didik tinggi dan pada siklus
II diperoleh nilai rata-rata minat belajar peserta didik adalah 28,50 dengan kriteria minat belajar
peserta didik tinggi. Dari nilai rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa minat belajar peserta
didik pada siklus II sudah memenuhi target. Berdasarkan hasil pemaparan tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match dan kegiatan Ice
breaking dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VI SD Negeri
Tlokoh 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan.

References

Abdullah, Wirawan Andianto. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Make A Match Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas III SD Negeri 3 Palar, Klaten. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Alfred De vito. 1996. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Gramedia.
Arikunto. S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharismi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi
Aksara.
Asrori, Mohammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Budiyanto, Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered
Learning (SCL). Malang: UMM Press.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan :
Goresan Pena.
Nurhadi, A., & Ulandari, D. (2022). MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER
DISIPLIN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL QULUB
POLAGAN PAMEKASAN.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindak Kelas Sebagai Pengembangan Profesi
Guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Kurniasih Imas., Sani Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk
Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata pena.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan
Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alvabeta.
Ul'hak, Diya. 2021. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik pada
tahun ajaran 2020/2021. Jambi: Universitas Jambi.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Fungsi Pendidikan Nasional.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Ahmadi & Syafaah. (2022). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA STUDI PEMIKIRAN HARUN NASUTION. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 5(2), 1-23.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles