PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III PELAJARAN SBDP MATERI JENIS ALAT MUSIK MENGGUNAKAN MEDIA ALAT MUSIK ANDROID (AMAN)
Keywords:
Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Jenis-jenis alat musicAbstract
Pembelajaran seni budaya tentang pengenalan jenis-jenis alat musik berdasarkan cara
memainkannya di UPTD SD Negeri Lembung Gunong 2 dalam pembelajaran seni budaya tentang
pengenalan alat musik hanya melalui media gambar saja. Sehingga pemahaman peserta didik
tentang jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya hanya bersifat abstrak. Perkembangan
teknologi yang semakin berkembang menuntut guru untuk berinovasi dan dapat mengatasi masalah
yang ditemui dalam pembelajaran. Pengenalan jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya
dapat melalui teknologi. Inovasi ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan
memainkan alat music peserta didik. Penerapan pembelajaran menggunakan media “AMAN.”
pada mata pealajaran seni budaya dan keterampilan dengan langkah-langkah yang tepat dapat
meningkatkan keterampilan peserta didik. Data peningkatan kemampuan tersebut diperoleh
berdasarkan atas nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 69. Dari 17 peserta didik. Yang
mendapat nilai memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebanyak 10 peserta didik, sedangkan 7
peserta didik lainnya belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus 1 presentase
ketuntasan peserta didik yang mencapai KKM hanya 58%. Sedangkan hasil keterampilan bermain
music mencapai presentase ketuntasan 53% dengan 9 peserta didik yang tuntas dan 8 peserta didik
tidak tuntas. Berdasarkan data siklus II yang diikuti oleh 17 peserta didik, nilai rata-rata kelas
mencapai 81. Dari 17 peserta didik, yang nilainya sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal
sebanyak 15 peserta didik, sedangkan 2 peserta didik lainnya belum memenuhi kriteria ketuntasan
minimal. Pada siklus II presentase ketuntasan peserta didik yang mencapai KKM hanya 88%.
Sedangkan hasil keterampilan bermain music mencapai presentase ketuntasan 88% dengan 15
peserta didik yang tuntas dan 2 peserta didik tidak tuntas. Hasil pembelajaran yang diperoleh yaitu
adanya peningkatan nilai prestasi hasil belajar dan keterampilan bermain musik. Peningkatan ini
membuktikan bahwa penggunaan media “AMAN” dalam pembelajaran dinyatakan berhasil.
References
Seminar Pendidikan.
Arif Sadiman. dkk, 2011. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan
Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press
Mu’alimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. Sidoarjo: Universitas
Muhammadiyah.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Fauzan, Fadhilah Fatan(dkk). 2021. Penerapan Teknologi Augmented Reality (Ar) Dan
Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Alat Musik Modern Untuk Anak Anak.
(Online). (Jurnal e-Proceeding of Applied Science : Vol.7, No.6 Desember 2021;
halaman 1; diakses tanggal 5 Oktober 2022).
Hamalik Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayati, Nur(dkk). 2022. Upaya Peningkatan Keterampilan Bermain Ansambel Pianika
Menggunakan Metode Tutor Sebaya Kelas V Sd Di Sd Negeri Gedong. (online).
(Jurnal Pendidikan Dasar Volume 3 Nomor 1, 2022. Hal 25-35. e-ISSN. 2746-
1211; diakses tanggal 12 Oktober 2022).
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University
Press.
Widayati, Naning. 2020. Modul Pembelajaran Seni Budaya. Direktorat SMA, Direktorat
Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.
Widayati,W. Martono, B., dan Mardiana, N. 2018. Model Diskusi pada Pelatihan
Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Jurnal Ilmiah : FONEMA. 1 (2): 138-151.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Ahmadi & Syafaah. (2022). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA STUDI PEMIKIRAN HARUN NASUTION. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 5(2), 1-23.