PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI MAN 2 PAMEKASAN PLUS KETERAMPILAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Suhardi Astono MAN 2 Pamekasan Plus Keterampilan

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Abstract

Pendidikan merupakan wadah untuk menyalurkan ilmu yang dimiliki oleh pendidik untuk
ditransfer kepada siswa agar mempunyai pengetahuan yang luas dan bersikap serta bertingkah
laku yang baik. Oleh karena itu kesuksesan pendidikan akan terjadi apabila terdapat interaksi
antar guru dengan siswa. Dalam kegiatan pembelajaran geografi, guru harus memahami metode
dan model yang cocok dan tepat guna sehingga tercipta pembelajaran yang efektif. Hasil belajar
geografi pada materi dinamika kependudukan pada kelas XI IPS 1 pada siswa kelas XI MAN 2
Pamekasan Plus Keterampilan Tahun Pelajaran 2022/2023 memperoleh persentase 82,61% belum
tuntas, hasil ini diperoleh dari penilaian harian dengan kriteria ketuntasan minimal 78. Hal lain
diperoleh melalui observasi minimnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran dikelas sehingga
banyak peserta didik berbicara dengan teman sebangku dan kurangnya titik focus yang
menyebabkan siswa mengantuk. Pemilihan penggunaan model dalam kegiatan pembelajaran harus
sesuai dengan materi dan karakteristik siswa sehingga proses belajar mengajar efektif dan efisien.
Maka dari latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian judul “Peningkatan Hasil Belajar
Geografi Materi Pokok Dinamika Kependudukan Melalui Model Pembelajaran Problem Based
Learning Pada Siswa Kelas XI MAN 2 Pamekasan Plus Keterampilan Tahun Pelajaran
2022/2023”. Maka kemudian penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan minat
belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil belajar siklus 1 ke siklus 2 meningkat dengan
signifikan. Yaitu pada siklus 1 dicapai 11 siswa atau 47.83% telah memenhui KKM, kemudian
pada siklus 2 meningkat menjadi 21 atau 91.4% siswa telah memenujhi KKM. Selanjutnya aktivitas
siswa pada siklus 1 dicapai nilai 353, kemudian pada siklus 2 diperoleh 438 dari nilai target 460.
Sedangkan aktivitas guru dalam melakukan pembelajaran pada siklus 1 dicapai skor 87 atau
diprosentase 68,56% baik, kemudian pada siklus 2 diperoleh nilai 123 atau dengan persentase
96,1% baik. Berdasarkan hasil tersebut bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas XI MAN 2 Pamekasan Plus Keterampilan
Tahun Pelajaran 2022/2023. Maka dengan keberhasilan ini, penelitian dinyatakan berhasil dan
dianggap selesai

References

Apri, K., & Rijanto, T. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dan
Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Instalasi Tenaga Listrik Di Smk Segeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik
Elektro, 5(3).
Bintaro, S.H., 1981. Metode Analisa Geografi. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan
Penerangan Ekonomi dan Sosial : Jakarta.
Indarti. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: FBS
UNESA.
Engkay Karwate. 2010. Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepla Sekolah dan Faktor
Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten
Subang, Jurnal Penelitian Pendidikan,Vol,02, No, 01, Tahun2010,77.
Maryatul Wakiah and Jamiludin Usman. 2020. Manajemen Peningkatan Mutu Kompetensi
Lulusan Bidang Kewirausahaan Dalam Memenuhi Standar Nasional Pendidikan
Di Smk Annuqoyyah Guluk-Guluk Sumenep Jawa Timur. Re-JIEM (Research
Journal of Islamic Education Management) 3, no. 1 (2020): 72.
Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar (Jakarta: Renika Cipta, 2011),176.
Noor, I. P. (2017). Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Geografidi Sma
Negeri 2 Banjarmasin. Jurnal Socius.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Robby Arini and Achmad Muhlis, “Manajemen Strategik Mutu Rekrutmen Tenaga
Kependidikan Di Institut Agama Islam Negeri Madura,” Re-JIEM (Research
Journal of Islamic Education Management) 3, no. 1 (2020): 30,
https://doi.org/10.19105/re-jiem.v3i1.3485.
Suparmini, S. (2017). Metode Pembelajaran Geografi. Geomedia: Majalah Ilmiah Dan
Informasi Kegeografian.
Syamsidah, Syamsidah and Hamidah Suryani, Hamidah and Ratnawati T, Ratnawati
T and Anas Arfandi, Anas Arfandi (2018) The Effectiveness of Problem-Based
Learning Models in Improving Students Scientific Thinking Skills. The
Effectiveness of Problem Based Learning Models in Improving Students Scientific
Thinking Skills, 3 (10). pp. 11-15. ISSN 2455-2631.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Ahmadi & Syafaah. (2022). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA STUDI PEMIKIRAN HARUN NASUTION. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 5(2), 1-23.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles