PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TULISAN SAMBUNG MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II UPTD SDN MANDUNG 3 KOKOP BANGKALAN TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Mega Holiana Vitriani Nurnanigsih, S.Pd.SD UPTD SDN Mandung 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
Keywords: membaca, media gambar, siswa kelas II

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan penekanan pada empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Masalah yang sering dihadapi anak adalah kesulitan membaca berkenaan dengan mengenal bentuk huruf sambung, mengenal unsur-unsur linguistik, mengenal kata sambung, mengenal hubungan pola ejaan dan bunyi, engenal Kecepatan membaca bertaraf lambat dan belum memahami isi bacaan. Maka peneliti melakukan pengamatan di UPTD SDN Mandung 3 Kokop Bangkalan pada siswa kelas II ternyata masih sangat rendah. Berdasarkan temuan tersebut peneliti ingin memperbaiki proses pembelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar. Maka penelitian tindakan kelas ini berjudul “Peningkatan Keterampilan Membaca Tulisan Sambung Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas II UPTD SDN Mandung 3 Kokop Bangkalan Tahun Ajaran 2020/2021”. Penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membaca dan pembelajaran melalui media gambar pada siswa kelas II UPTD SDN Mandung 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan yang dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu pada aspek dapat mengenal bentuk huruf sambung siklus I sejumlah 74%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi sejumlah 97% siswa. Selanjutnya pada aspek mengenal unsur-unsur inguistik pada siklus I sejumlah 35%, kemudian meningkat pada sisklus II menjadi sejumlah 90% siswa. Kemudian pada aspek mengenal kata sambung pada siklus I sejumlah 56%, kemudian meningkat pada siklus II sejumlah 93% siswa. Selanjutnya pada aspek mengenal hubungan pola ejaan dan bunyi pada siklus I sejumlah 24%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi sejumlah 85% siswa. Dan pada aspek mengenal kecepatan membaca bertaraf lambat pada siklus I sejumlah 47%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu menjadi sejumlah 89% siswa. Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas II UPTD SDN Mandung 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan dalam tahun pelajaran 2020/2021. Hal tersebut dibuktikan peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II seperti yang telah dipaparkan dalam pembahasan. Adapun saran yang dapat disampaikan adalah guru perlu memperhatikan tahapan dalam keterampilan membaca, yaitu tahap sebelum dan sesudah membaca. Kemudian guru juga perlu mempersiapkan rancangan dengan media gambar sebagai salah satu alat dalam pembelajaran. Pihak sekolah dapat memanfaatkan penelitian sebagai salah satu dasar pengambilan kebijakan di sekolah yang berhubungan dengan peningkatakan keterampilan membaca siswa di kelas rendah.

References

Abdul Chaer. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung : Sinar Baru.
Degeng, I.N.S. 1997. Penulisan Bahan Ajar: Modul Pembelajaran dalam Pelatihan Staf, Guru, dan Karyawan Sekolah Ciputra Surabaya. Surabaya.
Erwin Harianto. 2020. Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Copyright © 2020 Pada Penulis. DIDAKTIKA. Vol. 9, No. 1, Februari 2020. ISSN 2302-1330: halaman 3.
Herisfani Fauziah. 2018. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I MI. Elementary Vol. 4 Edisi Juli-Desember 2018:174.
Idah Faridah Laily. 2014. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. EduMa Vol.3 No.1 Juli 2014. ISSN 2086-3918.Halaman 52.
Kustandi, Cecep, Sutjipto Bambang. 2011. Media Pembelajaran-Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran-Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gunung Persada. (GP) Press.
Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman Arif, Rahardja R, Haryono Anung.
Sahalessy, A. 1998. Masalah-masalah Belajar Abad 21: Tinjauan Pendayagunaan Teknologi Informasi.
Taufik. 2019. Strategi AMBT untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru. SANG PENCERAH Volume 5 Issue 2, 2019 P-ISSN : 2460-5697, E-ISSN : 2655-2906 halaman :55. Website: https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Pencerah.
Unik Kurniawati. 2020. Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SD. Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN Online : 2716-4446. Halaman 41.
Widayati,W. Martono, B., dan Mardiana, N. 2018. Model Diskusi pada Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Jurnal Ilmiah : FONEMA. 1 (2): 138-151.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-09-29
Section
Articles