PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENIGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I UPTD SDN MANDUNG 3 KOKOP BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Maria Liliyani Indrawati SDN Mandung 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
Keywords: siswa kelas 1, membaca permulaan, kooperatif

Abstract

Berawal dari kondisi yang membosankan dalam kegiatan pembelajaran di UPTD SDN Mandung 3 Kecamatan Kokop Bangkalan sehingga tujuan tidak tercapai dengan baik. Hal tersebut terjadi pada siswa kelas 1 berjumlah dari 31 orang. Awalnya diketahui persentase kemampuan membaca permulaan hanya sejumlah 15% atau setara dengan 5 siswa dapat membaca dengan lancar dan baik, sedangkan yang 85% siswa atau setara 21 orang masih sangat kurang dalam membaca. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas berjudul: Penerapan Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I UPTD SDN Mandung 3 Kokop Bangkalan. Berdasarkan hasil penelitian, yaitu setelah diadakan tindakan siklus I dan siklus II serta siklus III siswa dapat membaca permulaan dengan baik. Pada siklus I dalam aspek mampu membedakan bentuk huruf ditunjukkan dengan 52%, meningkat pada siklus II menjadi 71%, kemudian pada siklus III meningkat lagi menjadi 85%. Kemudian pada aspek mampu membedakan huruf vocal dan konsonan pada siklus I sebanyak 55% atau 17 siswa, meningkat pada siklus II menjadi 71%, dan siklus III meningkat menjadi 88%. Adapun pada aspek mampu mengeja huruf menjadi suku kata pada siklus I sejumlah 52% atau 16 siswa, meningkat pada siklus II menjadi 70%,  dan siklus III meningkat lagi menjadi 88%. Sedangkan pada aspek mampu mengeja huruf menjadi kata pada siklus I sebanyak 18 atau 60% siswa, meningkat pada siklus II menjadi 68%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 82%. Selanjutnya pada aspek mampu membaca kata menjadi kalimat pada siklus I sejumlah 18 atau 60%, meningkat pada siklus II menjadi 70%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 82%. Kemudian pada aspek mampu mengatur tinggi rendah suara sesuai bunyi pada siklus I sebanyak 15 atau 48%, meningkat pada siklus II menjadi 71%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 88%. Dan dalam aspek mampu memahami makna kata yang diucapkan pada siklus I sejumlah 15 atau 48%, meningkat pada siklus II menjadi 62%, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 85%. Berdasarkan hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 UPTD SDN Mandung 3 Kecamatan Kokop Bangkalan.

References

Ahmad Sopian, 2016. Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudah Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah Volume 1 Nomor 1 Edisi Juni 2016 P-ISSN : 2541-3686. hlmn. 94.
Andriani, Septi dan Elhefni. 2015. Pembelajara Membaca Permulaan Melalui Metode Eja Bagi Siswa Berkesulitan Membaca (Studi Kasus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III Madrasah Intidaiyah Quraniah VIII Palembang). 1: 153.
Depdiknas. 2007. Program Pembelajaran Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kelas 1 Semester 1 & 2. BP. Karya Mandiri.
Ekayanto, Rachmad. 2011. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Quantum Learning Bagi Siswa Kelas IV di SDN Sidomulyo 08 Kecamatan Silo Jember Semester Dua Tahun 2011/2012. PTK Tidak Diterbitkan. Jember: SDN Sidomulyo 08.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Rahayu. 2012. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas Tidak Diterbitkan.
Sudirman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Udin S. Winataputra, dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Wardani, I.G.A.K. 1995. Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak berkesulitan Belajar.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-06-30
Section
Articles